Monday, February 6, 2017

5 tips Menulis Buat Blogger Pemula

5 tips Menulis Buat Blogger Pemula

Masalah kebingungan dalam ngeblog sering di alami oleh blogger-blogger pemula, mereka bingung mau menulis apa, niche apa yang akan di gunakan,  topik apa yang akan di bahas, udah banyak tutorial yang di ikutin masih juga bingung.

Pas ngeblog baru beberapa bulan langsung loyo,  karena merasa bingung dengan topik  yang di bahas,bisa juga karena  ga sabar pengen cepet dapet duit,  lalu  mulai deh mencari – cari pembenaran diri untuk tidak menulis, dari alasan sibuklah, ga ada waktu lah.  hey guys come on, wake me up.

Untuk yang mulai kebingungan dan mulai terkena writers block, berikut ada beberapa tips dari saya :

1.    Abaikan niche
Menulis dengan niche terfokus memang bagus tetapi buat yang baru belajar ngeblog dimana karakter tulisannya masih belum kebentuk, focus di satu niche itu terasa menyiksa menurut saya sih, karena kita di tuntut  untuk terus focus pada satu niche.

Lebih enak sih nulis semau anda, mau nulis apa saja yang di rasa bermanfaat. Intinya sih anda enjoy dan menikmati kegiatan menulis di blog.  Nanti  setelah beberapa lama, akan kebentuk sendiri gaya menulis anda, Kalau sudah begitu bisa di pikirkan untuk focus  di suatu niche

2.    Buat Gado-gado
Kata para master buat blog gado-gado itu tidak disarankan karena membuat pembaca bingung, that’s right  tetapi bukannya gado-gado itu enak  kita bebas menulis apa pun yang kita inginkan tanpa takut keluar dari niche blog kita. Bagi blogger pemula ini perlu untuk mengasah ketrampilan menulis, Yang penting jalan dulu.  
“ I’m sorry Master I don’t  hear you ”

3.    Jangan Pikirkan Uang
Biasanya para blogger pemula memang tertarik untuk ngeblog karena uang yang akan di hasilkan dari kegiatan blogging.
untuk blogger pemula disarankan untuk tidak memikirkan uang dahulu,  sebab jika ngeblog orientasi nya uang nanti  bisa kecewa jika tidak menghasilkan uang  dari ngeblog.

Karena perkara money from blogging itu gak bisa sebulan dua bulan bisa di raih, bisa berbulan – bulan bahkan tahunan baru bisa menghasilkan uang dari blog.

“Lebih baik enjoy saja nikmati prosesnya, kesampingkan uang dulu”

4.    Menulislah tanpa berpikir teori
Ya perkara ngeblog ini adalah kegiatan seratus persen menulis, jadi untuk bisa ngeblog ya anda harus bisa menulis yang baik, enak dibaca serta mudah di pahami. Tetapi jangan berkecil hati anda bisa melatih kemampuan anda menulis dengan berlatih setiap hari, abaikan dahulu teori tentang menulis,  menulis lah yang banyak dan sesering mungkin.

“Bebaskan saja imajinasi anda abaikan masalah ejaan tanda baca dan teori kepenulisan, toh nanti juga bisa di edit”

5.    Tulis Apa yang anda Pikirkan
Bukankah enak jika menulis itu semudah berbicara, maka tulis saja apa yang anda pikirkan, jika anda terbiasa nulis di status facebook atau twitter dan media social lainnya, saran saya menulis jugalah di blog karena dengan menulis status atau apa yang anda pikirkan di blog,  akan lebih mudah bagi anda untuk melihat lagi tulisan anda nantinya.

Ini semua hanya pendapat saya untuk orang lain pasti punya pendapat dan cara yang berbeda-beda. Its Ok.  no problem.

“Ga ada yang instant di muka Bumi semua itu butuh proses”


So, masih punya alasan untuk tidak menulis saya rasa tidak, anda pasti bisa wong nulis status pesbuk  aja bisa perkara ngeblog mah gancil.

“ ayo jangan di pikirin kerjain”

Semoga bermanfaat.

Salam Sukses Selalu


EmoticonEmoticon