Wednesday, February 15, 2017

Cara Sederhana Untuk Mengatasi Kritikan Orang Lain

Tips mengatasi kritikan orang lain
Kritikan atau teguran itu adalah hal yang lumrah,  karena manusia itu gak ada yang  sempurna dan terkadang kita memang pernah  berbuat salah, sebuah  teguran atau kritikan itu sebenarnya adalah sebagai peringatan bagi kita, agar kita gak kebablasan.

Bisanya sih figure public yang suka mendapat kritikan-kritikan tajam bila statusnya  di Sosmed atau media lainnya yang memberitakan  aib atau keburukan atau mengandung kontroversi, biasanya ada yang pro dan kontra disinilah  pemicu para haters untuk bekerja, mengkritik dan menghujat.

Para Haters ini tidak mungkin dapat di hindari, karena apapun yang anda lakukan baik atau buruk para haters pasti punya cara atau celah untuk menyerang dan mengkritik, itu pasti.

Bagi kita yang  terpenting  itu bagaimana caranya menghadapi para haters tersebut, karena lama-lama kayaknya bikin kesal dan sakit hati juga.

Memang agak sulit untuk menghindari para pengkritik dan para penghujat di sosmed, karena sekarang eranya kebebasan pendapat, dan jaman sudah terbuka dengan adanya teknologi canggih yang bernama internet.

Karena  bila anda melakukan sesuatu atau tidak pun,  para haters  pasti akan punya celah untuk mengomentari anda.

Berikut ada beberapa hal yang mungkin bisa anda lakukan untuk menanggapi para haters

Diamkan saja

Kalau seumpama kebetulan anda di kritik atau di hujat karena opini anda atau argument anda di media, lebih enak sih  Di diamkan dalam arti ga usah di ambil hati, karena semua hujatan itu tidak ada artinya, hadapi dengan sikap positif, toh bila itu gak merugikan orang lain ngapain juga di pikirin. kalau kata bang mandra sih “ emang gua pikirin”

Kalau emang  anda merasa salah, Ya ucapkan saja terima kasih karena sudah di ingatkan dan akui saja,  mereka pasti akan memaklumi karena manusia memang tempatnya salah dan lupa.

Jangan peduli

Pada dasarnya  manusia itu lebih perduli dengan dirinya sendiri, dia akan lebih perduli dengan sakit gigi yang dideritanya, ketimbang memikirkan anda yang masuk rumah sakit,atau mendengar kematian anda, betul tidak?.
Jadi jangan pedulikan orang mau berkata apa, memang sulit sih tapi sebisa mungkin kuatkan mental anda,  dan tebalkan telinga anda majulah terus jangan hiraukan.

Tertawa saja

Untuk menghadapi keritikan atau omongan yang tidak enak tertawa itu lebih baik, dari pada anda marah yang akan menguras energi anda, lebih baik tertawa karena apa yang akan mereka  lakukan terhadap orang yang sedang tertawa.

Kita tidak usah buang – buang energi  untuk melawan setiap kritikan.
Karena sebagus apapun perilaku kita, orang pasti akan menemukan hal untuk di komentari, karena itu lakukan saja yang menurut anda benar, jangan pedulikan orang lain selama anda benar, toh orang lain itu Cuma bisa ngetawain kalau kita salah, dan kalau kita sengsara orang mana perduli.

Ya karena sifat manusia itu sebenarnya hanya lebih perduli dengan dirinya sendiri,  yang paling penting ya dirinya sendiri itu. Tapi bukannya mereka gak perduli orang lain lo, cuma hanya lebih peduli dengan dirinya sendiri.

Menurut saya hadapi saja jangan pedulikan orang mau bilang apa, dan jangan berpikir tentang  apa yang  akan orang katakan kepada anda lakukan saja yang menurut anda terbaik.

Tapi bila kritikan itu sesuatu hal yang positif alias membangun baiknya  kita terima dengan lapang dada, walaupun seseorang kadang  mengkritik dengan cara yang pait, ya lebih baik di terima saja kalo memang itu baik.

Dan yang terpenting ikhlaskan hati anda dan positif thinking aja lah.

Karena bahagia atau tidaknya diri anda itu sebenarnya tergantung anda sendiri.
Keep stronger


EmoticonEmoticon