Thursday, May 18, 2017

Kivy Framework Untuk Membuat Aplikasi Crossplatform dengan Bahasa Python

Kivy framework bikin aplikasi  crossplatform dengan python – saya pertama kali kenal kivy waktu iseng mencari sebuah framework atau IDE yang ringan untuk belajar membuat aplikasi untuk android.



Kivy Framework  Untuk Membuat Aplikasi Crossplatform dengan Bahasa Python

Karena spek laptop saya yang terbatas.

Saya pernah mencoba android studio, phonegap, apache cordova sampai IntelXdk
Tapi dari itu semua tak ada yang se-sederhana dan seringan kivy.

Tapi ini masalah selera sih dan faktor kebutuhan.

Berikut akan saya jelaskan lebih rinci tentang kivy, yang saya ambil dari beberapa sumber dan dokumentasi dari kivy-nya langsung.

Contoh  code kivy

kivy code


Open source library

Library kivy itu bersifat open source, jadi anda bisa menggunakannya secara gratis. Di bawah lisensi LGPL 3, anda dapat memakainya untuk membuat product anda sendiri dan menjualnya.
Kivy adalah sebuah open source library berbasis python untuk membuat aplikasi IUI (inovatif user interface) diantaranya multi touch apps.

Cross platform

Kivy dikatakan crossplatform sebab dia bisa berjalan pada Linux,windows,MacOSX, Android, dan IOS. Kivy dapat digunakan pada wm_touch,Wp_pen pada windows, Mac OSX Trackpad dan magic mouse pada MacOSX, mtdev, Linux Kernel HID, TUIO pada linux dan termasuk multi-touch mouse simulator.

Business friendly

Kivy itu gratis untuk digunakan di bawah lisensi LGPL 3, kivy di develop secara professional dan dapat digunakan secara professional. Framework ini stabil,  memiliki dokumentasi API dan  terdapat juga panduan bagi pemula.
Anda dapat membuat aplikasi dan menjualnya secara bebas

GPU accelerated

Mesin grafis kivy dibuat dengan OpenGl ES 2, sebuah toolkit modern dan cepat dalam hal grafis. Di sertakan juga lebih dari 20 widgets yang di desain agar extensible. Beberapa bagiannya di desain dengan Bahasa C menggunakan Cython, yang sudah di uji dengan regression test.

Ini beberapa filosofi kivy


Fresh

Kivy dibuat untuk hari ini dan hari esok. Metode input baru seperti MultiTouch telah menjadi semakin penting. Kivy diciptakan dari nol,
Khusus untuk interaksi jenis  ini.


Fast

Kivy cepat. Ini berlaku untuk keduanya: pengembangan aplikasi dan kecepatan eksekusi aplikasi. Fungsi kritis yaitu kecepatan Kivy diimplementasikan pada tingkat Bahasa C dengan memanfaatkan kekuatan kompiler yang ada. Yang terpenting, kita menggunakan GPU dimanapun dalam konteks yang masuk akal.


Flexible

Kivy fleksibel. Ini berarti dapat dijalankan di berbagai perangkat yang berbeda, termasuk smartphone dan tablet yang menggunakan Android dan iOS sebagai OS-nya. Kami mendukung semua sistem operasi utama (Windows, Linux, OS X). Kivy mendukung TUIO (Tangible User Interface Objects) dan sejumlah sumber masukan lainnya.


Focused

Kivy fokus. Anda bisa menulis aplikasi sederhana dengan beberapa baris kode.
Program Kivy dibuat menggunakan bahasa pemrograman Python, yaitu Bahasa pemrograman yang
Sangat serbaguna dan ampuh, namun mudah digunakan.

Selain itu, kami menciptakan Bahasa deskripsi kami sendiri, Bahasa Kivy (Kivy Language), untuk membuat user interface yang canggih.

Bahasa ini memungkinkan Anda untuk mengatur, menghubungkan dan mengatur elemen aplikasi dengan cepat.


Funded

Kivy secara aktif dikembangkan oleh para profesional di bidangnya. Kivy
Dipengaruhi oleh komunitas, dikembangkan secara profesional dan secara komersial solusinya didukung komunitas.


Free

Kivy bebas digunakan. Anda tidak perlu membelinya. Anda bahkan tidak perlu membayar jika Anda menghasilkan uang dari penjualan aplikasi yang menggunakan Kivy.





Demikian sekelumit tentang framework kivy alternative untuk membuat aplikasi croosplatform, untuk natural user interface.

Sumber:
                -      A Framework for Natural User Interfaces   by Nick Klever
                -      www.Kivy.org


EmoticonEmoticon