Monday, May 15, 2017

Perlunya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri
Perlunya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri
Waktu itu saya ikut acara seminar yang di bawakan sebuah perusahaan MLM.
Ada yang menarik perhatian saya, pematerinya sangat percaya diri. Hampir satu jam dia berbicara tanpa canggung sedikit pun.energinya seperti tak habis-habis.

Ini mungkin yang membuat acara beliau menarik, beliau sangat antusias dan begitu percaya diri dalam menyampaikan materi.

Karena ada beberapa pemateri yang masih agak kurang percaya diri menurut saya, karena itu dapat terlihat.

Dan di akhir pembicaraan beliau menerangkan pentingnya percaya diri karena seseorang bisa sukses dengan percaya diri yang tinggi.

Beliau menyarankan agar kita punya kepercayaan diri yang tinggi.

Ini salah satu tips beliau.

Menyikapi kekurangan sebagai kelebihan

Dia ambil contoh dia bertanya tentang fisiknya “apakah ada kekurangannnya?” Peserta menjawab “Ada“ Contohnya apa?  “secara fisik rambut  saya ubanan, gigi gumpil, wajah sudah tua badan ga terlalu tinggi.

Wajah ga ganteng – ganteng amat karena sudah tua.” Ujarnya.

Secara fisik banyak kekurangannya. Tapi apa yang terjadi beliau sangat percaya diri, sebab mampu membuat semua kekurangannya menjadi kelebihannya.

“Apa kelebihan saya” kata beliau. “kelebihan saya adalah saya banyak kurangnya.”

“Bukankah banyak itu berarti saya  mempunyai lebih.” Ujar beliau.

Beliau ambil contoh lagi, dahulu ada pelawak yang bernama Ateng, tubuhnya tidak terlalu tinggi. Orang dulu biasanya memanggil orang yang punya fisik seperti ini Cebol.

Tapi apa yang terjadi beliau bisa terkenal, bahkan sebutan Ateng lebih tenar dari pada cebol. Karena kalo jaman saya kecil dulu ada temen yang kurang tinggi biasanya di panggil  si ateng bukan si cebol.

Bahkan kabarnya istri beliau pun cantik . Karena beliau sangat percaya diri tadi dan menyikapi kekurangan sebagai kelebihannya.

bahkan beliau itu bisa dikatakan lebih dari orang lain.  apanya yang lebih beliau itu lebih pendek dari orang . orang pada umumnya. He..he.. iya gak.

Dari situlah saya belajar untuk lebih percaya diri, walaupun saya banyak kurangnya. Karena saya itu orangnya emang  kurang pede.

Beliau menambahkan lagi  ”Janganlah merasa malu karena malu itu Cuma bikin malu-maluin.” 

Ya begitulah kita harus menyikapi kekurangan sebagai kelebihan.

Jangan anggap kekurangan sebagai masalah, dan menyebabkan tidak percaya diri. Bagi yang mempunyai banyak kekurangan jangan anggap itu sebagai kekurangan baliklah menjadi kelebihan anda.

Latihlah rasa percaya diri anda dengan begitu makin terasa kelebihan anda.

Berlatih yuk..

2 comments

Setuju banget kalau dengan diri sendiri saja sudah tidak percaya apalagi ke orang lain.Masing masing pribadi sudah pasti memilki kelebihan hanya saja yang diungkit ungkit selalu kekurangan

Betul mas, rasa percaya diri itu sustu hal yang berharga..thanks.


EmoticonEmoticon