Wednesday, July 19, 2017

Perlunya Pengetahuan Prinsip Dasar Fotografi bagi seorang Blogger

Prinsip Dasar Fotografi bagi seorang Blogger
Prinsip dasar fotografi

Beberapa waktu lalu saya mendapat komentar  dari seorang blogger senior asal kota hujan Pak Anton Ardyanto, begini komentarnya:

O ya satu saran mas.. foto fotonya menarik, cuma kesannya banyak yg miring karena garis horisonnya miring.

Nanti kalau motret lagi, perhatikan garis horison mas.. biar yg ngeliat jadi tidak perlu memiringkan kepala. Itu prinsip dasar sederhana dalam fotografi mas..😊

Saya cek ulang dan perhatikan postingan saya di artikel ini:

Taman Bunga Nusantara tempat liburan yang eksotis nan indah

dan ternyata benar, Karena kalo saya liat dan perhatikan dengan seksama gambar yang saya potret kebanyakan miring .

lihat contoh di bawah:

Perlunya Pengetahuan Prinsip Dasar Fotografi bagi seorang Blogger

Walaupun objeknya bagus tapi kurang enak di pandang..

Saya pun  penasaran apa itu prinsip dasar potografi  seperti yang di maksud pak Anton, karena memang saya itu tidak pernah ngeh yang namanya prinsip dasar fotografi.

karena memotret dengan hp, bagi saya saat memotret objek tidak buram dan bagus itu sudah cukup.





Selanjutnya yang saya lakukan adalah menanyakan adik ipar saya Suci, karena kebetulan dia seorang Sarjana Desain .

Dan dia pun menjelaskan seperti ini.



kelihatannya sepele memang, tapi kalo prinsip dasar fotografi tidak di terapkan, hasil foto akan miring-miring dan agak kurang nyaman di lihatnya.

apalagi kalo postingannya masuk dalam kategori Travelling, yang biasanya menampilkan objek yang enak di liat dan di pandang.

next saya mesti lebih selektif lagi dalam memotret dan menampilkan gambar.

Terus terang saya memang lebih suka menampilkna gambar hasil jeptetan sendiri  atau pun edit sendiri di blog,ada kepuasan tersendiri bagi saya.

Tapi memang seharusnya saya harus memperhatikan  seni fotografi agar objek yang indah dapat lebih terasa indah untuk di nikmati.

Dan saya pun mau tidak mau mesti  belajar prinsip dasar fotografi dan teknik-teknik pemotretan.

Terima kasih Pak Anton yang sudah meluangkan waktu berkomentar di blog pribadi saya yang sederhana ini.

kalau saja bapak tidak menyempatkan diri untuk berkomentar  mungkin seterusnya saya tidak akan ngeh dengan hasil jepretan foto saya.

Next saya akan menampilkan gambar yang lebih bagus lagi.

Sekali lagi terima kasih

Thursday, July 13, 2017

Ke PRJ mesti Paham Zona parkir kalo gak mau di ping - pong

ke PRJ bingung sama tempat parkir gak lah yau,  saya kan orang Jakarta he..hee..
tapi bisa saja orang jakarta gak paham letak zona parkir PRJ, contohnya saya.

Walupun sering seliweran di depan PRJ tapi saya gak paham denah parkiran PRJ maklum karena saya belum pernah kesana.

Jadi kemarin waktu ke PRJ saya sempat bingung dengan letak zona parkir yang sudah di beri nama berdasarkan nama warna, seperti zona merah, zona hijau,zona ungu, zona orange, zona biru dan zona kuning.

Saya terlanjur janjian dengan istri  di zona ungu, karena gak paham sebelah mana lokasinya, ya saya tanya abang tukang parkir di depan saya, tapi si abang nunjuk ke belakang padahal saya udah ada di pintu 6.

Hasilnya saya harus putar balik dan masuk keparkiran sesuai petunjuk si abang parkir, setelah saya parkir baru sadar saya parkir di zona kuning, salah parkir saya tapi mau keluar lagi dan pindah parkiran kan gak mungkin.

Karena untuk masuk bayar parkir Rp15.000, “kalau keluar parkir saya harus bayar lagi dong…” pikir saya.

Akhirnya jalan kaki…
Ke PRJ mesti Paham Zona parkir
Zona Parkir PRJ

Saya tanya lagi  security zona kuning  dan saya di arahkan ke depan, jalan kaki lumayan juga jauhnya.

Sampai depan bingung lagi kok gak ketemu, karena yang saya liat plang zona orange,  tanya lagi tukang parkir lain lagi dan katanya zona ungu ada di belakang,

saya jadi garuk-garuk kepala “kok bisa beda ama security belakang bilang.”

Akhirnya balik lagi ke belakang, tapi sampai di tengah saya tanya lagi abang parkiran kali ini dua orang,dan pas di tanya zona ungu dimana yang satu nunjuk kedepan yang satu nunjuk kebelakang.

Hadeuuhhh….  please  deh ahh… #tepokjidat

akhirnya ambil keputusan sesuai instruksi security aja, dan berbekal ancer-ancer istri di telepon akhirnya ketemu juga zona ungu.

Ke PRJ mesti Paham Zona parkir
Yang saya gak abis pikir  kok bisa-bisanya si abang parkir berompi ini  gak paham pembagian zona parkir, apa gak di breefing dulu atau saya yang salah tanya ya?. Seharusnya saya tanya pintu 9 bukan zona ungu kali.

Tapi kan seharusnya mereka paham... kalo mereka aja gak paham apa jadinya pengunjung nanti.

akhirnya saya dapat peta di pintu masuk tiket.. 

Zona Parkir PRJ
oh..iya pas parkir jangan lupa ingat-ingat dan tandai patokan naruh motornya, sebab ada ratusan motor yang parkir, pasti bingung.

Ke PRJ mesti Paham Zona parkir


Kapan-kapan sebelum kesuatu tempat mending cari referensi di mbah google dulu, atau tanya seseorang yang pernah kesana jangan sotoy kayak saya,  #mentang-mentang orang Jakarta.   hahaha…

Sunday, July 9, 2017

Taman Bunga Nusantara tempat liburan yang eksotis nan indah

Kawasan puncak masih menjadi wilayah favorit saya untuk berlibur, bukan hanya karena udaranya sejuk tapi juga karena pemandangannya yang indah nan hijau tersebut.

Salah satu tempat yang akan saya kunjungi  di kali ini adalah taman bunga nusantara

Taman Bunga Nusantara
Taman Bunga Nusantara

 

Sejarah Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara merupakan taman display bunga pertama di Indonesia. Taman ini dilengkapi dengan berbagai koleksi tanaman berbunga yang terkenal dan unik dari seluruh dunia. Dengan beratus varietas tanaman berbunga di taman, Taman Bunga Nusantara benar - benar menjadi tempat dimana bunga - bunga dari seluruh dunia tumbuh. Kami menampilkan areal yang sangat luas bagi pertumbuhan bunga - bunga dari Amerika Selatan,  Australia,  Afrika serta Asia. Kami memiliki lahan display bedding plant seluas 50.000 m2 .

Ibu Dani Bustanil Arifin , pemakarsa sekaligus Ketua Umum Yayasan Bunga Nusantara, beserta anggota lainnya mulai merintis pembangunan taman ini pada tahun 1992, dan secara intensif pelaksanaan pembangunan tahap awal taman dimulai sejak tahun 1993. Tujuan utama pembangunan taman ini bagi Yayasan Bunga Nusantara adalah menciptakan Taman Bunga Nusantara sebagai salah satu aset wisata  berbasis wisata agro nasional dengan skala internasional. 


di kutip dari: http://www.tamanbunga-nusantara.com/en/en/serba-serbi/sejarah


 

Akses ke Lokasi

Lokasinya berjarak kurang lebih 5 km dari jalan raya puncak  menuju taman bunga nusantara.

Dengan badan jalan yang pas untuk lewat dua mobil rasanya terlalu sempit saat berpapasan dengan mobil bis, kalau pake motor sih paling enak.

Pagi hari sampai di taman bunga nusantara, suasana masih sepi udara yang sejuk memanjakan tubuh.

Saya bisa tiba pagi-pagi sekali, sebab malamnya menginap pada sebuah villa di kota bunga.
Loket penjual tiket pun masih sepi…

loket Taman Bunga Nusantara

Untuk harga tiket masuk masih wajar sih..

harga tiket Taman Bunga Nusantara

harga tiket Taman Bunga Nusantara

jika bingung mau kemana ada peta di taman, tapi bisa minta brosur juga di loket yang berisi ringkasan peta dan tempat - tempat yang bisa di kunjungi

Peta Taman Bunga Nusantara

fasilitasTaman Bunga Nusantara

Pintu masuk taman Bunga nusantara:

indahnya pemandangan pas masuk areal taman, masih pagi udaranya pun segar...

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Untuk berkeliling  bisa menggunakan mobil wara-wiri dengan membayar Rp 5000 per -orang.

mobil wara-wiri Taman Bunga Nusantara

Dan bisa turun di salah satu tempat pemberhentian, kalau mau naik lagi nanti bisa dengan menunjukkan tiket wara-wiri yang sudah di beli.

Taman Bali tempat yang sejuk bernuansa bali dengan Gapura khas bali

taman gaya Bali Taman Bunga Nusantara

taman gaya Bali Taman Bunga Nusantara

Ada labyrint di taman bunga nusantara dan kalo mau mudah pake peta yang juga di jual di sini, tapi kurang seru kalau pake peta, kurang seru nyasarnya.

taman labyrint Taman Bunga Nusantara

Ada Menara pandang Menara Pandang setinggi 28 meter yang bebas di naiki untuk sekedar melihat taman dari atas, tapi sayang saya tidak sempat naik itu Menara.

Menara pandang Taman Bunga Nusantara

Taman prancis yang rapih nan indah.

taman prancis Taman Bunga Nusantara

Taman air tempat beberapa jenis teratai di tanam

taman air Taman Bunga Nusantara

taman air Taman Bunga Nusantara

Taman mawar dengan aneka jenisnya

taman mawar Taman Bunga Nusantara

Jam taman yang bedetak sesuai dengan Waktu Indonesia Barat

jam taman Taman Bunga Nusantara

jam taman Taman Bunga Nusantara

Dinosauraus yang terbuat dari tanaman

dinosaurus Taman Bunga Nusantara

dinosaurus Taman Bunga Nusantara

ada jerapah yang terbuat dari tanaman juga

jerapah Taman Bunga Nusantara

kolam unggas Taman Bunga Nusantara

kolam unggas Taman Bunga Nusantara

barong bali Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Di  tempat wisata ini mayoritas yang berkunjung wisatawan domestik dan ada juga yang dari manca negara, kebanyakan kayaknya orang timur tengah, kalo saya gak salah.

Pada liburan kali ini saya gak sempat mengunjungi satu-persatu lokasi taman, sebab saking luasnya seluas 50.000 m2

Tapi satu hal yang membuat berbeda .. di sini tidak ada yang jual oleh-oleh.
Biasanya kalo di tempat lain misal Cibodas atau taman Matahari banyak  penjual makanan dan souvenir di sekitaran areal parkiran, tapi di sini enggak ada.

parkiranTaman Bunga Nusantara

parkiranTaman Bunga Nusantara

Tapi hal ini yang bikin beda, karena taman bunga nusantara jadi sangat bersih karena tidak ada yang berjualan di parkiran.

Tapi situasi  ini terjadi saat saya berkunjung mungkin ke depan bisa saja kebijakan pengelola berubah dan akan ada deretan pedagang di sekitar areal parkir.

Friday, July 7, 2017

Aku kucing rumahan [ Rocky Stories ]

Namaku Rocky, aku seekor kucing kampung.  Umurku.. ya kurang lebih sembilan bulan, walaupun usiaku masih muda tapi besar tubuhku tak kalah dengan kucing dewasa yang sudah berusia tahunan.

Bongsor begitu manusia menyebutnya.hahaha…

Bagaimana aku tidak gemuk, makanku selalu teratur.

Si nyonya selalu memberikan sarapan pagiku tepat waktu, pagi jam lima pagi saat aku mendengar pukulan di dapur itu pertanda ikan cue kesukaan ku sedang di tumbuk dengan nasi. Aku pun langsung berlari.

Si nyoya tahu betul kalau aku butuh sarapan.


Bukan itu aja, camilanku itu makanan kucing mahal looh. Biasanya aku makan saat siang dan sore hari.

Walaupun sudah ada wishxxx tersedia ditempatnya, tetap saja makanan favorit ku, yaitu ikan cue yang sudah digoreng di campur nasi  anget..  heemm… enyak,,enyak,,enyaaak…

Pernah suatu pagi nyonya belum bangun karna semalam ia habis nonton hingga larut malam , dan aku bangunkan tapi nyonya tidak bangun juga,

Suara diperutku sudah membuat aku salah tingkah. “ Duuuhh.. laparnya perutku..”

Nekad aku naik ke meja dapur  dan tak sengaja aku menjatuhkan panci yang ada di atas kompor.
Pranggg…!!!  Nyoya pun terbangun karna suara panci yang jatuh tadi. ‘Rocky..!!” Habis lah aku dimarahi nyonya.

Langsung aku turun dari meja dan duduk diam tak berkutik dibawah kaki nyonya

Walaupun ia tidak pernah memukulku, tapi aku cukup takut dengan suara bentakan-nya itu.

Setelah itu aku mikir lagi kalu mau naik ke meja makan..” maaf nyonya..”

Nyonyaku itu baik hati,, setelah ia memarahiku karna ulahku tadi, langsung ia menyiapkan makanan favoritku,
“Yeeaayy…. Ikan cue..!!” 

Thursday, July 6, 2017

Alternatif liburan ke Kolam Renang masih jadi favorit

kolam renang  ternyata masih jadi  favorit untuk isi liburan bagi banyak orang, terbukti dengan penuhnya kolam renang yang saya kunjungi .

kolam renang palem indah jakarta timur


Memang  berenang dan bermain air adalah kegiatan yang di gemari oleh bukan hanya anak-anak tapi juga orang dewasa.

Karena berenang ini selain menyenangkan juga menyehatkan
Menurut  http://www.alodokter.com
 

Berenang dapat:

  •   Meningkatkan Stamina
  •   Meningkatkan ketahanan sistem pernapasan dan kardiovaskuler.
  •   Membangun massa otot.
  •   Membakar kalori
  •   Membuat tubuh rileks



Alternatif liburan ke Kolam Renang masih jadi favorit

Tapi paling enak sih ke kolam renang itu datangnya pagi, selain udaranya masih sejuk dan lokasinya juga masih sepi,. karena biasanya kolam renang ramai menjelang siang (pengalaman saya sih begitu).

Jadi masih bisa ambil tempat kosong buat taruh barang-barang.

Jangan lupa bawa bekal karena biasanya berenang bikin perut jadi laper, kalau saya dan keluarga pas berenang biasanya seperti orang piknik, dari bawa nasi dan lauk, cemilan, tiker kecil , dan termos air panas buat bikin kopi,teh atau susu.

Kayak orang piknik baget deh pokoknya…

Dan kalau kita datang lebih pagi, pas menjelang orang mulai ramai kita bisa segera beres-beres dan segera pulang jadi ga perlu merasakan penumpukan orang yang semakin ramai dan padat.

Sebab kalau semakin padat, ya semakin jorok karena sudah pasti banyak yang pipis di kolam renang, karena saya juga melakukannya…he..he..he ..

Jangan lupa sebelum berenang pemanasan kecil-kecilan biar gak keram.

Yuk isi liburan keluarga dengan piknik ke kolam renang selain karena  murah juga sangat bagus untuk kesehatan.

Wednesday, July 5, 2017

Saya tolak hadiah 399 juta dari easy Shopping

399 juta dari easy Shopping

Waktu itu  di saat saya sedang bekerja mendadak handphone berdering sekitar pukul  09:00 pagi, kebetulan saya memang  berada di kantor karena jam kerja.

Biasanya kalo ada yang telpon dan nomor ga di kenal saya diemin aja, tapi ini tumben saya angkat karena penasaran.

Di ujung telepon sana menyapa dengan sopan  seorang laki-laki dengan nada seperti sales pada umumnya mengucapkan greeting atau salam standar.

“Selamat pagi pak Masandi semoga sehat selalu saya si Anu, ingin mengkonfirmasi bahwa bapak mendapatkan hadiah 399 juta dari easy Shopping, dan saya bermaksud mengkonfirmasi alamat untuk pengiriman amplop kuning berisi hadiah yang akan di kirim melalui kantor pos”

Kira-kira begitu greeting-nya.

Saya dengan sedikit kaget dan agak senang menjelaskan  dengan detail alamat yang di minta untuk pengiriman amplop hadiah, nanti akan di kirim amplop kuning katanya

Setelah telepon selesai dan pembicaraan di tutup, saya baru mikir saya kapan ya menjadi member easy shoping, perasaan saya gak pernah tuh register untuk easy shoping, dan gak pernah belanja di sana, tapi kok saya bisa ya dapet hadiah sebesar  399 juta.




Trus iseng saya coba bowsing dan mendapati ada yang pernah mengalami kejadian kaya saya juga.

Beberapa hari kemudian saya mendapat amplop kuning seperti yang di janjikan si operator easy shopping, tapi saya tidak apa apakan saya diamkan saja, karena sudah paham ini semacam modus.

amplop 1 easy shopping




Jaman sekarang mana ada sih yang kasih duit gratis, apalagi dengan tidak melakukan apa-apa.
Tapi lama-lama penasaran juga sama isi tuh amplop, akhirnya saya buka juga.

Isinya beberapa brosur dan formulir pemesanan juga katalog,Dan setelah dibaca sekilas saya paham maksud dari hadiah tersebut.

Kalau dari yang dibaca, Saya itu bukan mendapatkan tapi berkesempatan mendapatkan hadiah 399 juta, tapi ada syaratnya.

Saya harus mengembalikan amplop disertai dengan katalog pemesanan dan sejumlah uang untuk membayar pesanan dan biaya register.

ternyata ujung-unjungnya di suruh belanja, jika beruntung baru akan mendapatkan hadiah 399 juta Rupiah. Semacam kaya undian sih menurut saya.

Saya tidak tahu ini penipuan apa bukan, tapi yang jelas ini adalah sebuah iming-iming hadiah supaya kita mau belanja.

Katanya kesempatan hanya datang sekali

Setelah saya abaikan amplop itu lalu sekitar sepuluh hari kemudian datang lagi amplop kedua dan katanya penawaran terakhir sampai batas waktu yang di tentukan.

amplop 2 easy shopping

Tapi saya abaikan lagi…

Eh ternyata setelah  seminggu  kemudian datang lagi surat ketiga…
Tapi surat ketiga ini menjadi  yang terakhir setelah itu saya tidak mendapat amplop lagi dari easy shopping.
amplop 3 easy shopping


Yang masih saya bingung dari mana  easy shopping mendapatkan nomor telepon dan nama lengkap saya?

itu sekilas pengalaman mengapa saya abaikan hadiah 399 juta dari easy shopping.

Tuesday, July 4, 2017

Ke Puncak Bogor lewat jalur alternatif Bekasi - Narogong - Sentul, Bahaya!.

puncak lewat jalur alternatif Bekasi - Narogong - Citeurep

Beberapa hari yang lalu setelah lebaran saya berlibur ke puncak dengan menggunakan sepeda motor.

Sumpah ini acara dadakan yang tadinya mau ke mekarsari malah jadi lanjut ke puncak dan cipanas.

Dengan mengunakan sepeda motor dan bantuan google Maps saya, istri anak dan adik saya melewati  jalan siliwangi Bekasi, dan narogong, cileungsi  yang akan lanjut ke gunung putri, citeurep dan Sentul.

Sebenarnaya belum pernah ke puncak lewat Bekasi, namun rasa penasaran yang bikin nekad lewat sana, ya berbekal Cuma tanya sana sini dan bantuan google maps.

puncak lewat jalur alternatif Bekasi - Narogong - Citeurep

Perjalanan dari Bekasi ke gunung putri relative aman dan jalan bagus, hanya beberapa saja yang masih di cor dan sedikit berlubang.

Dan pas di daerah Sentul yang mulai agak rusak sedikit karena memotong jalan lewat perumahan untuk menuju jalur alternative.

Perjalanan nanjak dan berkelok setelah  melewati Sentul pun kami lalui, dengan kecepatan sedang, karena menanjak dan jalurnya agak sepi, Cuma papasan dengan beberapa mobil dan angkot, sisanya motor satu dua..

puncak lewat jalur alternatif Bekasi - Narogong - Citeurep


Betul  betul sepi…

Cuma yang agak menggangu adalah adanya pak ogah bisa di bilang sedikit nakal sih, karena motor juga di brentiin, dengan alasan  mereka “bertanya mau kemana pak?.” Dan di tangan kiri mereka saya liat lembaran uang ribuan yang sudah di rapikan..

Memang mereka memberi tahu arah jalannya, tapi mereka memaksa supaya kita  berhenti.

Tidak hanya satu tapi lebih dari lima kelompok pemuda yang nongkrong di beberapa jalan dan ada kotak seperti amal dan mereka seperti minta – minta, ada juga sekelompok anak-anak yang ikutan minta-minta.
puncak lewat jalur alternatif Bekasi - Narogong - Citeurep


Sebenarnya tidak apa-apa sih hanya sedikit menggangu saja…

Tapi kayaknya kalau jalan sendirian agak kurang aman (feeling saja sih) apalagi kalau malam hari.. paling enak rombongan konvoi.

Trus yang lebih  kaget lagi ada beberapa anak kecil dan  ibu –ibu yang berteriak , “awas ga bisa lewat…”

Saya dengar itu tapi sudah kami ga gubris.. ah paling modus lagi pikir saya.

Emang setelahnya jalannya agak terjal , tapi kalo pake motor  mah masih bisa nanjak walau agak meleset-meleset dikit.
tapi kalo cuaca pas ujan ga kebayang deh bisa apa gak.

Sepertinya ada orang emang sengaja menakut-nakuti, Modus kayaknya…  ga tau motifnya apa ga jelas juga.

Setelah melewati  jalan terjal  terakhir dan menanjak sedikit ada tulisan di petigaan, “Keluar jalan Raya” lega rasanya akhirnya masuk ke jalan Raya puncak dan sudah gadok ternyata sudah lewat..

tapi kayaknya kapok lewat situ lagi... berbahaya menurut saya karena jalannya sangat sepi bisa saja rawan kejahatan (tapi ini menurut saya lo).






Just info:
Jadwal buka tutup bisa di lihat di sini: http://ntmcpolri.info/home/jadwal-buka-tutup-jalur-puncak-4/
beberapa orang di web itu  komen kalo jadwalnya  kurang akurat, tapi bisa jadi patokan aja sih.