Sunday, July 9, 2017

Taman Bunga Nusantara tempat liburan yang eksotis nan indah

Kawasan puncak masih menjadi wilayah favorit saya untuk berlibur, bukan hanya karena udaranya sejuk tapi juga karena pemandangannya yang indah nan hijau tersebut.

Salah satu tempat yang akan saya kunjungi  di kali ini adalah taman bunga nusantara

Taman Bunga Nusantara
Taman Bunga Nusantara

 

Sejarah Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara merupakan taman display bunga pertama di Indonesia. Taman ini dilengkapi dengan berbagai koleksi tanaman berbunga yang terkenal dan unik dari seluruh dunia. Dengan beratus varietas tanaman berbunga di taman, Taman Bunga Nusantara benar - benar menjadi tempat dimana bunga - bunga dari seluruh dunia tumbuh. Kami menampilkan areal yang sangat luas bagi pertumbuhan bunga - bunga dari Amerika Selatan,  Australia,  Afrika serta Asia. Kami memiliki lahan display bedding plant seluas 50.000 m2 .

Ibu Dani Bustanil Arifin , pemakarsa sekaligus Ketua Umum Yayasan Bunga Nusantara, beserta anggota lainnya mulai merintis pembangunan taman ini pada tahun 1992, dan secara intensif pelaksanaan pembangunan tahap awal taman dimulai sejak tahun 1993. Tujuan utama pembangunan taman ini bagi Yayasan Bunga Nusantara adalah menciptakan Taman Bunga Nusantara sebagai salah satu aset wisata  berbasis wisata agro nasional dengan skala internasional. 


di kutip dari: http://www.tamanbunga-nusantara.com/en/en/serba-serbi/sejarah


 

Akses ke Lokasi

Lokasinya berjarak kurang lebih 5 km dari jalan raya puncak  menuju taman bunga nusantara.

Dengan badan jalan yang pas untuk lewat dua mobil rasanya terlalu sempit saat berpapasan dengan mobil bis, kalau pake motor sih paling enak.

Pagi hari sampai di taman bunga nusantara, suasana masih sepi udara yang sejuk memanjakan tubuh.

Saya bisa tiba pagi-pagi sekali, sebab malamnya menginap pada sebuah villa di kota bunga.
Loket penjual tiket pun masih sepi…

loket Taman Bunga Nusantara

Untuk harga tiket masuk masih wajar sih..

harga tiket Taman Bunga Nusantara

harga tiket Taman Bunga Nusantara

jika bingung mau kemana ada peta di taman, tapi bisa minta brosur juga di loket yang berisi ringkasan peta dan tempat - tempat yang bisa di kunjungi

Peta Taman Bunga Nusantara

fasilitasTaman Bunga Nusantara

Pintu masuk taman Bunga nusantara:

indahnya pemandangan pas masuk areal taman, masih pagi udaranya pun segar...

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Untuk berkeliling  bisa menggunakan mobil wara-wiri dengan membayar Rp 5000 per -orang.

mobil wara-wiri Taman Bunga Nusantara

Dan bisa turun di salah satu tempat pemberhentian, kalau mau naik lagi nanti bisa dengan menunjukkan tiket wara-wiri yang sudah di beli.

Taman Bali tempat yang sejuk bernuansa bali dengan Gapura khas bali

taman gaya Bali Taman Bunga Nusantara

taman gaya Bali Taman Bunga Nusantara

Ada labyrint di taman bunga nusantara dan kalo mau mudah pake peta yang juga di jual di sini, tapi kurang seru kalau pake peta, kurang seru nyasarnya.

taman labyrint Taman Bunga Nusantara

Ada Menara pandang Menara Pandang setinggi 28 meter yang bebas di naiki untuk sekedar melihat taman dari atas, tapi sayang saya tidak sempat naik itu Menara.

Menara pandang Taman Bunga Nusantara

Taman prancis yang rapih nan indah.

taman prancis Taman Bunga Nusantara

Taman air tempat beberapa jenis teratai di tanam

taman air Taman Bunga Nusantara

taman air Taman Bunga Nusantara

Taman mawar dengan aneka jenisnya

taman mawar Taman Bunga Nusantara

Jam taman yang bedetak sesuai dengan Waktu Indonesia Barat

jam taman Taman Bunga Nusantara

jam taman Taman Bunga Nusantara

Dinosauraus yang terbuat dari tanaman

dinosaurus Taman Bunga Nusantara

dinosaurus Taman Bunga Nusantara

ada jerapah yang terbuat dari tanaman juga

jerapah Taman Bunga Nusantara

kolam unggas Taman Bunga Nusantara

kolam unggas Taman Bunga Nusantara

barong bali Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Di  tempat wisata ini mayoritas yang berkunjung wisatawan domestik dan ada juga yang dari manca negara, kebanyakan kayaknya orang timur tengah, kalo saya gak salah.

Pada liburan kali ini saya gak sempat mengunjungi satu-persatu lokasi taman, sebab saking luasnya seluas 50.000 m2

Tapi satu hal yang membuat berbeda .. di sini tidak ada yang jual oleh-oleh.
Biasanya kalo di tempat lain misal Cibodas atau taman Matahari banyak  penjual makanan dan souvenir di sekitaran areal parkiran, tapi di sini enggak ada.

parkiranTaman Bunga Nusantara

parkiranTaman Bunga Nusantara

Tapi hal ini yang bikin beda, karena taman bunga nusantara jadi sangat bersih karena tidak ada yang berjualan di parkiran.

Tapi situasi  ini terjadi saat saya berkunjung mungkin ke depan bisa saja kebijakan pengelola berubah dan akan ada deretan pedagang di sekitar areal parkir.

10 comments

Luas juga ya mas.. 50 ribu meter persegi.. tapi apa bener mas cuma segitu. Soalnya kan hanya 5 hektar saja dan kalau dipikir ga terlalu luas juga.

Kebun Raya Bogor saja seluas 87 hektar alias 870,000 meter persegi..(1 ha = 10.000 meter persegi alias sama dengan 100 m x 100 m saja)

Tapi kelihatannya memang menarik bermain kesana

menurut informasi di web-nya sih segitu pak, tapi saya belum riset lebih lanjut.
mungkin karena bentuknya taman terbuka jadi terlihat luas di mata saya.

kalo kebun raya bogor saya baru sekali kesana waktu sma, jadi pingin kesana lagi,tapi sebelum kesana untuk info ter-update saya kudu baca blog lovelybogor dulu nih..

Oooo... cukup luas sebagai sebuah taman sih 5 hektar itu..cuma karena mungkin saya terbiasa muterin KRB, jadi kalau cuma 5 hektar mah masih kuat nih jalan..

Hahaha.. kalau mau boleh, kalau tidak mending langsung kesana saja... asyik lo..

wah pak Anton sudah terbiasa muter-muter ya, jadi kuat.
kalo saya jarang olah raga... tapi saya gak mau kalah ah. hahaha...


Siap pak KRB akan saya masukkan list liburan keluarga

O ya satu saran mas.. foto fotonya menarik, cuma kesannya banyak yg miring karena garis horisonnya miring.

Nanti kalau motret lagi, perhatikan garis horison mas.. biar yg ngeliat jadi tidak perlu memiringkan kepala. Itu prinsip dasar sederhana dalam fotografi mas..😊

waduh terima kasih pak masukannya, ini saya foto pake kamera hp jadi masih gak merhatiin dan emang gak ngerti teknik fotografi.

saya sangat berterima kasih masukannya, ini kritik yang sangat membangun. dan baru Pak Anton yang perhatiin itu.

terima Kasih Pak udah di perhatiin

asiikkkk , cantik, keren tempatnya, terlihat sangat sejuk....
sangan rekomended banget nie tempat...

salam kenal mas...

iya nih tempat cantik banget, kalo ada waktu coba di kunjungi..

salam kenal juga

Pengen banget main ke sini.. tempatnya Adem dan bersih ya Mas, bikin betah kelihatannya

iya tempatnya bersih dan sejuk. kapan - kapan coba main ke sana


EmoticonEmoticon