Thursday, October 5, 2017

Cheap Travel To Wayang Museum

Museum Wayang

Halo gaes... kali ini saya akan ngebahas kunjungan saya ke Museum Wayang, museum yang di resmikan pada tanggal 13 agustus 1975 ini menarik untuk di kunjungi bareng keluarga loh gaes...

sorry gaes...  kalo kata pembuka artikel ini meniru gaya bajindul youtuber yang lagi viral itu lo. he..he..

yuk...  kita mulai perjalanan di museum wayang yang sudah di nobatkan sebagai warisan dunia oleh PBB tanggal 7 november 2003 ini.

Lokasi Museum

Museum Wayang  terletak di  Jalan pintu besar utara no.27 Jakarta Barat, yah... masih satu lokasi dengan Kota Tua (Kotu).

ke lokasi ini bisa di jangkau dengan naik kereta dan turun stasiun Kota atau naik Transjakarta. Kalau saya sih mending naik motor lebih praktis dan cepat.

Harga Tiket 

Harga tiket masuk untuk orang dewasa Rp.5000/orang dan untuk anak-anak Rp.3000/anak. cukup terjangkau bukan?




Di museum yang telah mengoleksi lebih dari 4000 koleksi ini, terdapat koleksi wayang kulit, wayang golek, wayang rumput, wayang kardus, wayang beber, wayang janur, topeng, boneka dan gamelan. dan denah lokasinya di bagi dua lantai.

Lantai Bawah

Di lantai ini sebenarnya gak begitu banyak wayang yang di pajang, karena sebagian ruangnya di pakai sebagai arena pertunjukan wayang.

di lantai ini kebanyakan yang di pajang wayang sejenis golek atau boneka, di pajang dengan ukuran besar dan kecil di sebuah dinding kaca mirip aquarium.

saat pertama  masuk saya melihat Blencong, sebuah alat penerangan pertunjukan wayang zaman dahulu sebelum di kenal lampu yang menggunakan listrik,

alat ini bekerja dengan menggunakan minyak kelapa sebagai bahan bakarnya dan menggunakan benang kapas sebagai sumbu.

Blencong
Blencong
tapi gaes... anak saya takut pas mau masuk,
sebab apa? di samping penjual tiket ada patung wayang gede yang menurut anak saya menyeramkan.

wajar sih anak laki-laki saya emang takut banget sama semua jenis badut dan ondel-ondel.
akhirnya harus di bujuk dulu biar mau masuk.

Museum Wayang


Museum Wayang



Museum Wayang


Museum Wayang

Museum Wayang

Ruang Pertunjukan

Di ruangan ini dibagi dua juga, sebelum masuk keruangan pertunjukkan ada display wayang golek di ruang yang agak gelap.
Wayang diletakkan di dalam aquarium.


Museum Wayang

Museum Wayang

 

Dapat Souvenir

waktu ke sini ngepasin hari ulang tahun museum yang ke 42 tahun, dan juga pas minggu ke 2, waktu itu ada semacam quiz yang salah satunya di menangkan ibu mertua saya, dan mendapatkan hadiah souvenir kaos museum.

Museum Wayang

oh.. ya museum ini rutin mengadakan pagelaran di minggu ke 2 dan ke 3 tiap bulannya. jadi kalau mau menyaksikan pagelaran wayang gratis bisa datang di minggu tersebut.


Museum Wayang


Museum Wayang

Museum Wayang

 

Lantai Atas

Di lantai ini suasana agak sedikit berbeda, display wayang lebih banyak  di sini, tapi tetap di sini memang pencahayaan agak redup di beberapa bagian.  Jadi untuk berfoto di sini agak sulit mengambil gambar yang bagus.

apalagi saya ngambilnya pakai kamera smartphone.

berikut ini gambar-gambar yang sempat saya ambil di lantai atas
cekidot...


Museum Wayang

Museum Wayang

Museum Wayang

Museum Wayang

Museum Wayang

Museum Wayang

Museum Wayang


Museum Wayang

Gagal Fokus

Dua tempat di bawah ini agak seram menurut saya, atau mungkin cuma saya aja yang parno. alhasil fotonya pun gagal fokus.

Museum Wayang

Museum Wayang

koleksi gamelan pun komplit.

Museum Wayang

Museum Wayang

ada koleksi boneka unyil juga loh..

Museum Wayang

ini lorong menuju lantai bawah dan pintu keluar

Museum Wayang

dan terakhir sebelum ke pintu keluar ada tempat penjual souvenir aneka wayang.

Museum Wayang

ok. thanks gaes... udah nyimak perjalanan kita kali ini. mudah-mudahan  kita bisa lebih menghargai karya dan budaya bangsa.

Buat yang mau kesini bawa anak yang takut sama ondel-ondel, pinter-pinter ya menyiasatinya.
kalo anak saya biasanya di suruh merem dulu.. he..he..he

2 comments

cukup banyak juga oleh2 berupa fotonya mas.....salutttt... dech!

sebuah harta berupa hasil karya seni yg bernilai tinggi.

nanti liburanya kemana lg mas....? pengen intip lg artikel selanjutnya.

Saya juga suka intip-intip blog kan Nata.😀

Next trip udah di tulis kang siap tayang.


EmoticonEmoticon