Saturday, December 30, 2017

Pasar Gembrong, Pusatnya Mainan Di Timur Jakarta Yang akan di Gusur

Pasar Gembrong

Pasar Gembrong jakarta timur, pasar grosir mainan ini rencananya akan di gusur pihak pemrov DKI terkait pembangunan Tol Becakayu (Bekasi - Cawang - Kampung - Melayu), saya baru baca beritanya di kompas[dot]com.

Pasar yang berlokasi di Jl. Jend. Basuki Rachmat, Prumpung, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur ini letaknya sangat strategis dan kebanyakan memakan trotoar.

Jadi jangan heran kalau ke sini pas keadaan ramai buat jalan aja sulit. karena gangnya sempit sekali, dan saya lebih memilih berjalan di jalan rayanya dari pada di dalam gang pasar.

Macet?  udah pasti itu.

Pasar yang Buka sejak pukul 09:00-18:00 WIB ini, sering saya lewati waktu masih bekerja di daerah mampang jakarta selatan.  saya juga kadang iseng mampir kalau lagi butuh sesuatu.

Pasar Gembrong

Tapi kali ini saya dan istri emang sengaja kesini mau beli skateboard buat anak saya. sebab saya pikir harganya di sini pasti lebih murah dari toko lain.

Selain Pasar Asemka tempat ini juga jual bermacam jenis sepatu roda dan skateboard.




Rute ke Pasar Gembrong Jakarta Timur

Di kutip dari : transportumum.com dan drasan-informasi.com

Dari Bogor :

Di Stasiun Bogor, Jawa Barat beli tiket untuk ke Stasiun Jatinegara. Naik Kereta KRL Commuter  Line apa saja yang ke Jakarta (arah Jatinegara atau Jakarta Kota atau Kampung Bandan atau Duri atau Angke atau Tanah Abang atau Manggarai).

Turun di Stasiun Manggarai. Transit. Pindah jalur. Lanjut naik Kereta KRL Commuter Line arah Bekasi atau Cikarang. Turun di Stasiun Jatinegara.

Lanjut jalan kaki sedikit naik ke halte busway Stasiun Jatinegara yang posisinya di atas flyover. Naik bis TransJakarta Busway koridor 10 arah PGC Cililitan.Turun di halte busway Prumpung Pedati.

Dari Bogor / pengguna Kereta : bisa turun di stasiun tebet , lalu nyebrang Naik M44

Dari Kampung Melayu : 

Naik Mikrolet  44 , jangan Lupa turun setelah Terowongan Pasar Gembrong Pas di depan Pasar Gembrong .  Sama dari tanah abang juga bisa naik m44

Dari Pondok Kopi : 

Naik Metro Mini nomor 52 , turun Pas di seberang Pasar Gembrong .

Dari Terminal Pulogadung :

Naik Mikrolet 27 turun di lampu merah jatinegara , nyambung lagi Naik mikrolet 06 jurusan Cililitan , turun Pas di Pasar Gembrong .

Pasar Gembrong

Coba deh perhatikan skateboard-nya macem-macem ya modelnya, mesti sabar kalau mau pilih-pilih sebab pengunjugnya juga antri.

Tapi setelah di tanya harganya mahal juga menurut saya, dan proses tawar-menawar pun enggak sampai pada kesepakatan. akhirnya batal membeli.

Mainan di sini kebanyakan di import dari negeri tirai bambu karena tertulis di boxnya made in China, walaupun ada juga mainan buatan lokal.

Sebab ada tetangga saya yang suka membuat mainan bonekaan tepung lalu di kirim kepasar Asemka dan pasar Gembrong.

Kenapa saya tahu?, ya.. karena dulu saya juga suka bantu antar barang kepunyaan beliau dan setelahnya mendapat upah. lumayan buat beli susu. he..he..  tapi itu dulu ya..

Sekarang tetangga saya sudah pindah rumah agak jauh.

Pasar Gembrong

Mainan di sini selintas mirip aslinya, padahal tidak ini  KW. Coba aja perhatikan mainan Transformers bumble bee tersebut bentuknya mirip. tapi coba liat kalimatnya  "TRNASFROMRES" ada juga yang menulis "TRANSFORMABLE" di box-nya sekilas mirip ya.

Tapi itu mungkin trik menghindari claim hak cipta.

Menurut saya sih di pasar gembrong sekarang harganya gak semurah katanya dulu, sebab penjual kadang buka harga dengan tawaran yang tinggi. jadi kalau di pikir gak jauh beda sama pasar kebanyakan.

Mungkin karena sekarang lebih komersil ya?  jadi mesti pinter-pinter kita aja saat membeli.

Tapi jika rencana penggusuran telah di laksanakan oleh pemrov DKI, gimana ya nasib para pedagang pasar gembrong?

kita lihat saja nanti.

4 comments

Waduh, yang pertama kali terlintas di pikiran saya adalah anak-anak. Terkadang pembangunan yang lebih mega memang diperlukan suatu pengorbanan. Akan tetapi di sisi lain kita juga harus memperhatikan nasib rakyat. Sampai sekarang saya gak bisa ngebayangin hidup di Jakarta.

~Salam kenal mas

harga skateboardnya piro Mas ? jangan2 buat bapaknya anak2.😆

Pembanguan apapun itu bentuknya ada aja yang di korbankan.

dalam perencanaan tol becakayu ini tidak sedikit dilakukan penggusuran, termasuk rencananya pasar gembrong akan terkena juga.

sudah konsekuensinya, soal nasib mau gimana lagi?

saya lupa harganya kang, seingat saya waktu itu lagi cari skateboard di bawah harga Rp.100.000.


EmoticonEmoticon