Monday, February 5, 2018

MUSEUM TRANSPORTASI TMII [Taman Mini indonesia indah]


Walaupun sudah beberapa kali berkunjung ke taman mini indonseia indah namun saya baru kali ini menyempatkan diri main ke salah satu museumnya, yaitu Museum Transportasi.

Museum yang terletak di dalam taman mini ini ternyata menyimpan aneka macam alat transportasi dari mulai zaman penjajahan dulu dari mulai sepeda ontel sampai pesawat terbang.




Sejarah

Berikut cuplikan sejarah museum transportasi dari www.tamanmini.com

Museum Trasnportasi merupakan museum milik Kementrian Perhubungan yang bertujuan mengumpulkan, memelihara, meneliti, memamerkan bukti sejarah dan perkembangan transportasi, serta perannya dalam pembangunan nasional. 

Museum ini berdiri diatas lahan seluas 6,25 hektar. Pemancangan tiang pertama dilakukan oleh Ibu Tien Soeharto pada tanggal 14 Februari 1984, 

Sedang pembangunannya dimulai pada tahun 1985 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1991.

Museum ini menampilkan berbagai moda transportasi yang mengandung nilai sejarah dan perannya dalam perjuangan bangsa. 


Keberadaan museum ini juga dimaksudkan untuk memberikan informasi sekaligus sebagai tempat rekreasi yang edukatif. 


Pameran diselenggarakan di dalam dan di luar ruangan. 

Pameran di dalam ruang dibagi menjadi beberapa tempat yang seolah-olah merupakan bangunan tersendiri yang disebut dengan modul,  terdiri atas modul pusat, modul darat, modul laut dan modul udara, baik dengan benda asli, tiruan, miniatur, foto, maupun diorama.



Harga tiket masuk Museum Transportasi TMII


Harga tiket masuk
usia diatas 3 tahun
Rp 5.000,-

Harga tiket pesawat
usia di atas 3 tahun
Rp 3.000,-

Karena museum ini memamerkan koleksi pesawat garuda jenis DC-9 PK-GNT yang boleh di naiki setelah membayar tiket seperti yang tertera di atas.

Maka saya pun enggak mau ketinggalan beli tiket pesawatnya, kapan lagi bisa ngerasain naik pesawat garuda. 😀

Berikut ini beberapa koleksi museum yang sempat saya abadikan, karena enggak semua gambar bisa di tampilkan di sini jadi saya posting beberpa gambar aja bisa yang mewakili.

Transportasi Udara



Helikopter Basarnas yang masih gagah, ini milik tni-au yang berguna sebagai sarana transportasi udara yang memudahkan untuk akses bala bantuan  ke berbagai tempat bencana.



Dalam pesawat garuda jenis DC-9 PK-GNT yang telah di renovasi ruangnya, jadi bisa duduk-dudku dilantainya dan udara di dalamnya ini dingin sekali dengan pendingin udara disetiap sudunya.



Kamu bisa menjajal kokpit pesawat garuda jenis DC-9 PK-GNT ini untuk berfoto-foto dan selfie ria, tapi untuk dapat berfoto di dalam kokpit pesawat ini mesti antrai.



Ahh....  dari jendela ini saya membayangkan sedang terbang di udara, dan landing di sumatera selatan atau kalimantan selatan. #Ngimpi



Anak saya dan sang kumendan juga mungkin membayangkan hal yang sama dapat terbang tinggi dengan pesawat ke bali atau lombok, mungkin juga ke eropa. #who knows


Transportasi darat



ini nih, si bajaj bajuri yang bener-bener udah punah di jakarta, kalau yang masih sempat ngerasain alat transportasi ini mungkin akan merasakan sedikit nostalgia saat berkunjung ke museum  transportasi.



si bemo yang keberadaan mulai jarang di jakarta, ada beberapa yang masih berseliweran di jakarta timur, tapi jumlahnya makin berkurang.



Sang legenda oplet tua, jadi inget film si doel anak sekolahan pas liat yang satu ini.

" cinere....  cinere....gandul..,  gandul,  ."begitu biasanya bang mandra teriak di filmnya.



Di sini juga di pajang koleksi taksi blue bird, dan silverbird



kalau yang ini saya tidak tahu namanya apa, sebab ini terpajang di depan musholla museum transportasi.

Bentuknya mirip becak tapi berjalannya di atas rel apa dong namanya?

Mungkin "Berel" becak rel. hi hi




Koleksi becak dari beberapa daerah, salah satunya dari daerah Kota bandung



kalau yang ini mungkin sudah pada tahu becak motor atau becak siantar, tapi yang pake sepeda unik juga ya.



Koleksi kereta kuda beroda 4 atau Andong, dan ada juga beberapa koleksi andong beroda 2 di sini.



koleksi beberapa tipe sepeda ontel



Koleksi sepeda motor. dan motor yang bisa di genjot seperti sepeda.




Waktu liat yang satu saya baru tahu ternyata perusahaan TATA motor yang katanya dari india itu udah di pake damri dari zaman dulu.

Dan bis tingkat jumbo di sebelahnya itu, saya pernah naik saat masih beroperasi di jakarta tahun 90-an. ya tau dong waktu itu saya masih sangat kecil, dan ingetnya juga masih samar-samar.



Bis PPD biru, yang dulu sering seliweran di jalan, tapi saya kok enggak liat mayasari bakti ya. apa saya yang enggak ngeh.

Itu loh bis mayasari bakti wana hijau yang dulu sering miring sama anak-anak sekolah, saat berangkat dan pulang yang kalau ketemu musuh di jalan pada turun teriak

"Majuiiinn..."

 Yang pernah ngalamin pasti deh seyum-senyum kalau inget. 😁



Ini salah satu jenis lokomotif generasi pertama Perusahaan Kereta Api Indonesia yang di pajang di luar museum.


Transportasi laut



Yang di pajang di sini untuk koleksi transportasi laut, kebanyakan jenis perahu kayu yang kecil-kecil seperti ini, sisanya cuma diorama atau koleksi foto-foto aja.

Sebenarnya masih banyak koleksi museumnya, seperti lukisan dan diorama-diorama. cuma emang butuh waktu agak lama kalau mau lebih teliti ke musum ini, karena masih banyak tempat yang bisa di eksplor. termasuk rel kereta api dan terowongan, Kereta Api Luar Biasa milik presiden RI pertama Soekarno.

Kalau berkunjung ke taman mini coba deh mampir ke museum transportasi ini, tapi mesti sediain waktu khusus kalau ingin fokus melihat berbagai koleksinya.

19 comments

Makjoz banget nih memang TMII, jadi pengin kesana :(

sepertinya liburan kali ini sangat terlihat menarik Mas, apalagi fhotonya yang paling atas kerennnn uyyyy tekhnik Fhotonya, apa nama trik fhotonya saya lupa ? :)

Jangan disenderin Mas Helicopternya, nanti terbang sendiri loh....

Saran buat Pilot kapal terbangnya, jangan ngebut2, ntr nyasar ke Amerika, hehehe.....

dari sekian banyak koleksi diatas, perahu kayu dan sepeda ontel yang masih ada didaerah saya.

Wow!!!
Sungguh amat sangat keren sekali museum transportasi TMII ini.
Ada nggak ya yang mau ngajakin saya ke sana? Mupeng banget soalnya, hehehe...

Wah kl ke TMII jd pengin masuk ke museumnya ih.. Keren, lengkap bgt dg alat transportasi

Bukan makjoz lagi, mak jlub...
main lah... kapan-kapan mas.

liburan ya gitu kang, kalau lagi sempat bawa kamera Nikon. saya gak pake trik foto cuma, mau bikn posisi gambar di "death center" aja.

paling-paling terbangnya ke OKU. he..he

yahh... maklum kang namanya juga pilot amatir, syukur-syukur bisa nyasar ke mekah, biar umroh sekalian.. ;)

wah boleh tuh saya mampir, doakan saya bisa travelling keliling indonesia ya kang, saya pasti mampir ke OKU.

kalau gak ada yang ajak, itu boleh minta antar Kang nata aja, he..he..

kapan-kapan kalau ke TMII Jakarta mampir ya ke rumah, :)

iya cukup lengkap yang saya tampilkan itu cuma beberapa aja. masih banyak koleksi menarik lainnya.

Dari beberapa koleksi yang pernah lihat baru-baru ini sepeda ontel, hehe ya ya betul sepeda ontel
wah senangnya kalau bisa bawa sikecil ke sini
hehe

Hahahahah......
klu terbang ke OKU siap2,,,, banyak blogger ditempat saya yg akan meliput Mas.

AMIN. SEMOGA MAS BISA traveling keliling Indonesia hingga ke luar ngeri. Paling tidak saya bisa nitip gantungan kunci. :)

Museumnya penuh dengan nilai pendidikan atau edukasi. sangat bagus untuk anak-anak biar wawasan tambah luas, mengerti apa itu transportasai serta jenis-jenis alat-alatnya. Saya sudah lama tidak main kesana.

Harga tiket masuknya ini lo, sungguh bersahabat sekali.

Hahahahahaha....


Iya, mas.
InsyaAllah. Aamiin.

tapi datengnya jangan akhir tahun, soalnya akhir tahun kemaren sekeluarga kesonoh...hadeuh macet dan ngantrinya pada setiap stand apapun puanjang banget bisa 1 - 1,5 jam baru kita bisa masuk dan menikmati setiap wahananya...pokoknya ampun roti dah

koleksinya lumayan banyak museum transportasi ini
Harga tiket terbilang murah juga, tapi saya belum pernah ke sana sama sekali

wah mang lembu pas pengunjung mbludak ya datengnya, kalau saya pas liburan akhir sekolah. pas besok mau masuk sekolah jadi enggak begitu rame.

asik mba kalau bisa mboncengin si kecil, apalgi kalau di Bonceng misua. ;) #romantis

saya juga baru sekali ini ke museum transportasinya, masih penasaran sama kereta presiden Soekarno. soalnya pas saya ke sana lagi di pake buat pemotretan jadi gak bisa dekat-dekat.

kalau koleksi lumayan banyak kalu mau di telusuru satu persatu, namun memang butuh waktu khusus, biar bener-bener bisa nikmatin


EmoticonEmoticon