Friday, February 9, 2018

Taman Mini Indonesia Indah, Siapa Bilang Parkir di Sini Gratis!


Beberapa hari ini saya posting tentang taman mini indonesia indah, tapi ada satu kejadian yang terlewat yaitu saat diparkiran taman arsipel.

Ya...  saya sama kumendan kesel aja, sebab si abang parkirnya itu loh.!

Ahh... nanti dulu ah ceritanya, Saya ada sedikit info tentang taman mini dari wikipedia.




Sejarah


Gagasan pembangunan suatu miniatur yang memuat kelengkapan Indonesia dengan segala isinya ini dicetuskan oleh Ibu Negara, Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto. Gagasan ini tercetus pada suatu pertemuan di Jalan Cendana no. 8 Jakarta pada tanggal 13 Maret 1970. Melalui miniatur ini diharapkan dapat membangkitkan rasa bangga dan rasa cinta tanah air pada seluruh bangsa Indonesia.[2] Maka dimulailah suatu proyek yang disebut Proyek Miniatur Indonesia "Indonesia Indah", yang dilaksanakan oleh Yayasan Harapan Kita.

TMII mulai dibangun tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975. Berbagai aspek kekayaan alam dan budaya Indonesia sampai pemanfaatan teknologi modern diperagakan di areal seluas 150 hektare. Aslinya topografi TMII agak berbukit, tetapi ini sesuai dengan keinginan perancangnya. Tim perancang memanfaatkan ketinggian tanah yang tidak rata ini untuk menciptakan bentang alam dan lansekap yang kaya, menggambarkan berbagai jenis lingkungan hidup di Indonesia

Tarif Masuk Taman Mini

 1 motor Rp. 10.000
 1 individu Rp. 15.000

Jam buka: 07.00 – 22.00 WIB.

Sebetulnya taman mini baru menaikkan tarif pengunjung akhir tahun kemarin, sebelumnya harganya tidak segitu.

Seumur-umur kalau main ke sini pasti selalu acak, asal liat tempat yang kira-kira menarik mampir, itu juga yang bikin saya belum bisa menikmati hampir semua area taman mini yang luasnya 150 hektare atau 1,5 kilometer persegi .

Waktu itu perjalanan saya di mulai dari Anjungan Papau.

Baca : Melihat Rumah Adat Papua di TAMAN MINI INDONESIA INDAH [TMII]


Taman Mini Indonesia Indah, Tempat Rekreasi dan Belajar

Setelah berkunjung ke tanah papua saya melanjutkan perjalanan ke taman Arsipel, dan suatu peristiwa pun terjadi.

Baca: Naik Perahu Angsa di Taman Arsipel, Taman Mini Indonesia Indah [TMII]

Begini ceritanya saat akan bermain di taman ini saya parkir motor di depan stasiun aeromovel atau kereta layang, karena pagi masih sepi saya taruh aja tuh motor agakmepet ke depan.

^^^^^
Setelah anak istri selesai, dan akan melanjutkan perjalanan, motor saya terjepit dan otomatis saya sulit keluarin motor.

Ada seorang tukang parkir yang duduk santai cuma memiringkan motor  yang menghalangi saya sambil duduk, susah payah keluarin motor karena yang menghalangi gak cuma satu. tapi paralel

Setelah akhirnya bisa keluar, tiba-tiba tuh abang bangun.

"Uang parkirnya pak?"

Bujug buneng...

Nih abang samber gledek kali ya, udah gak bantuin keluarin motor enteng banget minta uang parkir.

Sang  kumendan gak tinggal diam.

"Gimana sih bang, udah keluarin motor sendiri pakai bayar". nyerocos gaya emak-emak. tapi si abang tetep cuek bebek.

kesel juga, dalem ati   tonjok...   jangan...  tonjok... jangan...

"Bukannya gratis parkir di sini! dari tadi cuma duduk  aja minta bayaran lagi" si abang cuma bilang.

"Emang bayar  Bu." Rada nyolot.  Tonjok... jangan...

Makin gregetan kan.  Tonjok...  jangan...

Minggir... kumendan...

I will finish this M*ther F*ckr...    arrgghhhhhh...

####
Hingga akhirnya terdengar suara.

"Sabar, yah."  Nyesss...  adem sekali suara kumendan.

Ahh...  sudahlah saya tahan emosi, buang - buang energi aja.

Sebetulnya sih engak masalah kalau cuma bayar parkir tapi mbok ya di tolongin gitu kek, saya yang keringat dia yang dapet duit, emang dunia udah kebalik.

fuuuiihhh...


Tarif Perahu Angsa Taman Arsipel

1. Angsa manual Rp 40.000/ angsa
kapasitas 2 dewasa 1 anak (umur di bawah 7 tahun)
berat beban maksimal 150 kg
durasi 15 menit

2. Angsa mesin Rp 20.000 / orang
kapasitas penumpang maksimal 8 orang per unit
berat beban maksimal 400 kg
anak-anak umur 2 tahun keatas tiket penuh
durasi 1x putaran

Kamu liatkan mobil yang berjejer di bawah kereta layang, di situlah motor saya terparkir. dekat stasiunnya.


Harga Tiket Aeromovel


Harga tiket
Senin-jumat  Rp 30.000
Sabtu, minggu & libur nasional Rp 40.000

1 tahun ke atas bayar sama

Jam operasional
Senin -jumat : 09.00 s/d 16.30
Sabtu, Minggu dan Libur Nasional : 08.00 s/d 17.30

####
Untuk mengobati kekesalan akhirnya saya pergi ke taman burung.

Lumayan buat nenangin diri.

Kalau yang ini artikelnya belum saya buat, soalnya waiting list saya numpuk. #sombong dikit ah 😁


Harga Tiket Taman Burung

Rp. 20.000 /orang
Mulai umur 3 tahun bayar penuh
Buka senin-jumat :09.00-16.30 wib.
Sabtu, minggu dan hari besar  09.00 - 16.30 wib

Satu lagi, kalau kamu berkunjung ke Taman Mini di minggu pagi akan mendapati bazar yang menjual aneka jajanan dan pakaian.

yang ini sudah mau tutup nih soalnya sudah agak siang.



Kereta Gantung Yang Bikin Penasaran

Saya naik kereta gantung untuk mengobati rasa penasaran, sebab seumur hidup belum pernah naik yang satu ini. #norak ya

Dulu sewaktu harganya masih Rp 6000/orang, saya gak jadi naik sebab saya pikir terlalu mahal, naik angkot aja saya masih bisa Rp 500 perak.

Dan pernah waktu harganya naik jadi Rp.20.000 saya gak jadi naik, saya pikir masih terlalu mahal juga.

Seiring waktu berjalan ternyata harganya selalu naik, Akhirnya saya paksakan naik juga dengan harga Rp 50.000/oramg.

Kalau enggak naik sekarang harganya pasti akan naik terus dan terus.


Harga Tiket Kereta Gantung

Senin - jumat : Rp 40.000 / orang

Sabtu, minggu dan libur nasional : Rp 50.000 /orang
satu tahun keatas bayar penuh.

Dan semua itu terbayarkan, saya bisa melihat pemandangan indah yang enggak biasa dari atas kereta gantung.

Di lihat yukk ah...

















Naik kereta gantung buat saya yang takut dengan ketinggian cukup nyaman juga , cuma agak berisik dan bergetar saat melewati tiang penyangga.

Kesimpulannya.
kalau mendapati tulisan parkir gratis seperti pada gambar di atas jangan tertipu. Memang ada yang gratis, di depan yang dekat tugu, tetapi hampir di setiap tempat bermain itu kalau parkir pasti bayar.

Kalau main ke sini salam buat si abang parkir. 😛

15 comments

Jadi pemberitahuan gratis itu bohongan ya, parkirnya gratis pulangnya bayar gitu maksudnya kali
enaknya jelong jelong mupeng deh

jangan tonjok ah sih abang ntar rame

tadinya dikamera video saja, share medsos jadi viral tuh he...

Iya, mas.
Benar tuh kata mba Maya.
Parkir gratis pulangnya bayar, hehehe.

Btw, itu jaman kapan mas naik kereta gantung cuma Rp. 6.000???

Abang parkir ajaib dan ngeselin kalo ini. Trus titip salamnya,salam apa mas? 😂

Tonjok jangan tonjok jangan.. Untung ditahan kumendan. Bagian ini lucunya 😂😂

Iya enggak tau kenapa tulisannya gratis, tapi ada yang minta uang parkir.

Pecahkan saja gelasnya biar ramai biar gaduh. Hihi

Enggak kepikiran daya mah, udah terlanjur kesel.

Ntar kalo viral ke enakan abangnya. He...he

Betul juga kali ya, kaya makan pesen gratis udah kenyang bayar.
Itu sebelum jaman millenium. Taun 97-98

Gimana gak ngeselin. Orang susah payah keluarin motor dianya duduk aja.

Salam 5jari :)

liburan yg menyenangkan yach mas,

apalagi ada aksi heroik yg nonjoknya pake ragu...hadehhhh mas, percuma saya ajari ilmu kung fu Panda kmaren.... :) klu si ngeselinnya ngk nyangkut dipohon kelapa. :)

tpi pake ilmu sabar lebih berpahala. :)

ngak ada acara makan mas disana ? puasa yach.... :) hehehe...

Jurus yang di ajarin kang Nata lupa saya pake, yang saya ingat malah jurus memasak ala dapur imah. :)

sabar aja lah kang tukang parkirnya gak cuma satu sih. he..he.. :)

hari ini puasa nasi Kang, saya cuma nemu bakso sama mie Ayam, jadi itu yang masuk. hihi



Lho? Sejak kapan Dapur Ima punya jurus-jurusan?Hahaha....

Kalau udah pesen makanan, nggak kenyang juga harus tetap bayar, mas. Hehehe

Huaaa...
Udah lama banget tuh.
Saya masih SMP tahun segitu.

hahaha.... sudah Tukang Parkirnya banyak, Gede2 lagi tubuhnya ! Mending kabur, hehehe......

Wah.... ketularan jrus Memasak Toh Mas, Asyikk pasti disayang Kumendan loh.....!! :)

Mas Andi sudah diajari jurus internet marketer sama Kang Nata belum.. saya sudah dapet sedikit dari dia. Mujarab juga.

Kalau ketemu tukang parkir yang kayak gini, pake saja jurus itu, pasti luluh hati si tukang parkirnya

saya belum dapet jurus ampuhnya pak..

nanti deh saya tagih biar di ajarin.. :)


EmoticonEmoticon