Tuesday, April 17, 2018

3 Hal yang Menjadi Pusat Perhatian Tamu Saat Acara Resepsi

3 Hal yang Menjadi Pusat Perhatian Tamu Saat Acara Resepsi

Beberapa minggu lalu, telah di langsungkan acara resepsi pernikahan adik ipar.

Ahh..  bahagianya melihat pasangan muda yang sedang di mabuk cinta bersanding di atas pelaminan. Semoga menjadi keluarga yang sakinah mawadah warohmah...

Namun, perhatian saya bukan cuma tertuju pada hal tersebut. Pikiran saya jauh menerawang ke belakang melihat di balik layar. menganalisa beberapa hal hingga acara tersebut akhirnya sukses terselenggara.

Apa aja sih yang menjadi fokus perhatikan saya, dalam acara resepsi kemarin?

Ada tiga hal pokok sih sebetulnya yang jadi pusat perhatian tamu saat acara resepsi di luar Panitia resepsi dan WO.

Hal ini berdasarkan pengalaman pribadi saat kondangan, maupun mendengar komentar orang yang kebetulan saya dengar.

3 Hal Yang Menjadi Pusat Perhatian Tamu Saat Acara Resepsi

 

1. Tempat Resepsi

Saat kita menghadiri suatu acara resepsi pernikahan, hal yang pertama kita lihat adalah yang satu ini, yaitu ruang resepsi.

yap.. hal ini yang akan dilihat oleh tamu, mulai dari saat pintu masuk di meja tamu, deretan kursi, pernak-pernik hiasan di atap tenda sampai tempat pelaminan.

karena tempat yang nyaman akan membuat tamu jadi enjoy.

Pernahkah kalian berkunjung ke acara resepsi dan tempatnya itu puanas dan pengab. Saya pernah dan hal itu membuat kurang nyaman. walapun dekorasinya bagus dan makanannya enak-enak hal itu tetap membuat saya pingin cepat pulang.

di sini diperlukan penataan ruang dan sirkulasi udara yang tepat.

3 Hal yang Menjadi Pusat Perhatian Tamu Saat Acara Resepsi

3 Hal yang Menjadi Pusat Perhatian Tamu Saat Acara Resepsi

Perlunya Pendampingan saat dekorasi

Mungkin hal ini terkesan agak lebay, karena biasanya orang dekorasi itu paham dengan hal yang dikerjakannya. tapi menurut saya pendampingan itu perlu.

Sebab pengalaman kemarin, saya dan keluarga malah ikut terlibat menata meja hidangan dan kursi serta meja pondokan untuk bakso dan temen-temennya.

Sebab apa? mereka yang bagian dekor enggak paham kita mau taruh apa aja di meja prasmanan tersebut dan mereka enggak ngerti mau bagaimana arus tamu saat antri di meja prasmanan.

Posisi kursi untuk duduk tamu, penempatan kipas dan lain sebagainya

jadi tetap tuan rumah yang atur ini.

3 Hal yang Menjadi Pusat Perhatian Tamu Saat Acara Resepsi

3 Hal yang Menjadi Pusat Perhatian Tamu Saat Acara Resepsi


2. Tata Rias Pengantin

Ini salah hal yang biasanya menjadi pusat perhatian tamu undangan, sebab mereka datang memenuhi undangan salah satu tujuannya adalah melihat pasangan pengantin. bertemu dengan pengantin dan memberikan doa restu.

Dalam hal ini memilih tata rias pengantin yang dapat di andalkan dalam hal makeup me-makup sangat di perlukan.

Kalau bisa sih cari rekomendasi dari teman. dan liat-liat contoh hasil riasannya

Enggak mau kan, di acara yang terjadi satu kali seumur hidup itu kamu terlihat gak jelas dandanannya. he..he..he..

3 Hal yang Menjadi Pusat Perhatian Tamu Saat Acara Resepsi

 

3. Masakan

Selain kedua hal di atas sebenaranya ada hal yang lebih penting lagi yang harus di perhatikan, yaitu masakan atau hidangan.

hal ini sih yang paling vital menurut saya.

Sebab sebuah masakan ini menentukan nasib acara tersebut. sebab apa?

begini saya pernah menghadiri acara kondangan, pas di meja makan menunya ada ayam, sayur sop dan capcay. saya enggak begitu suka capcay. lalu saya beralih ke masakan ayam. pas di depan ayamnya tercium bau asem. sepertinya ayamnya sudah basi.

lalu daripada saya enggak makan akhirnya terpaksa deh makan sayur sop.

Jadi menurut saya sebuah masakan dalam acara resepsi sangat vital posisinya.

karena hal ini akan jadi perbincangan tetangga dan khalayak ramai. terutama ibu-ibu. 😁

"Tau gak Jeng? saya kemarin kondangan di tempat si Anu makanannya enggak ada yang enak. menunya gak selera"
"iya, Jeng. saya malah gak jadi makan kemarin"

Jadi pilihlah tukang masak yang sudah kompeten. yang sudah jelas hasil masakannya.

3 Hal yang Menjadi Pusat Perhatian Tamu Saat Acara Resepsi

3 Hal yang Menjadi Pusat Perhatian Tamu Saat Acara Resepsi

Kontrol Bagian Dapur

Tetapi...walupun bagian dapur sudah dipasrahkan kepada tukang masak,  menurut saya tuan rumah harus tetap mengontrol kinerja bagian tersebut.

Bukan untuk ikut campur loh, karena mereka itu sudah tau apa yang harus mereka kerjakan. tetapi sedikit pengawasan dan perhatian kepada mereka itu perlu.

Karena bagian dapur ini adalah termasuk komponen penting yang ikut mensukseskan acara resepsi, dari balik layar.

3 Hal yang Menjadi Pusat Perhatian Tamu Saat Acara Resepsi

kumendan sedang teriak-teriak...

"ayo tim sukses semangat......"

3 Hal yang Menjadi Pusat Perhatian Tamu Saat Acara Resepsi

Tim sukses sedang menyiapkan peralatan perangnya.

Penutup

Sebenarnya banyak faktor yang menjadi penyebab suksesnya acara resepsi terselenggara. tetapi menurut saya, 3 tersebut di atas adalah hal yang sangat pokok. yang sering diperbincangkan orang setelah mengunjungi acara resepsi.

Tempat resepsi, Pengantin, dan Makanan


#Catatan saat tulisan ini di buat pasangan pengantin sedang berada di Bali untuk berbulan Madu.
 Saya enggak minta oleh-oleh loh. cuma sekedar doa semoga selamat pulang perginya. cuma saya pesen kalau kebetulan nemuin yang jual kaos bali. tolong di beli 😁

13 comments

Waktu resepsi saya kemarin, yang mengatur posisi meja dsb adalah kakak dan kakak ipar. Demi kenyamanan, tamu pria dan wanita dipisah.

Kalo rias pengantin, saya paling ngga mau cukur alis dan bulu mata palsu. Pakaiannya wajib syar'i, kata misua. Pakaian tidak boleh ketat atau transparan. Kerudung harus menutup dada.

Untuk makanan serahkan pada ibu dan para sesepuh.

Di tambah lagi dengan senyuman dan keramahan ketika menyambut undangan. :D

ha... sama yang atur meja dan kursi adalah kumendan dan saya. dibantu sama sodara.

Betul lebih enak pakai yang asli, daripada pakai yang palsu-palsu.

emang mau di kasih harapan palsu. #enggak nyambung ye...

nah.... entu tau...mas riyan. #pengalaman pribadi ya

bolehlah di tambahin listnya. senyum hangat penerima tamu adalah nilai plus.

Kirain mas Andi yang Nikah lagi, :) rupanya si Adik Ipar toh... :).

foto paling atas saya kasih Cap Jempol mas, sebab unik dan saya belum pernah liat adegan seperti itu.

Hmmmm.. Kl liat pengantin gitu bawaannya baper uy.. Bener bgt sih, 3 point tersebut jd hal yg sering dibicarakan tamu setelah sepulang dr acara. Hhh

Cuma satu yang sesuai dengan kebiasaan saya waktu kondangan.. yaitu makanan.. hahahahah soalnya mau penganten seperti apa, kadang saya ngga merhatiin.. Makanan juga sebenarnya cuma karena ga ada hal lain yang diperhatiin kalau kondangan...


:-D

Lojer... Lojerr... kumendan. kang Nata kapan...?

namanya juga orang-orang iseng Kang. :)

saya tunggu ya undangannya.. :)

iya biasanya itu sih yang terlintas di ingatan sehabis kondangan.

favorit sih emang makanan, itu yang selalu jadi target saya saat kondangan.

malah pas masuk lokasi, mata saya langsung melakukan proses scanning. ada makan apa aja ya kira kira di meja.

Kondangan sambil ngeblog pak, kalau enggak ada yang di liat. :)

buah buahan nya menggoda sekali..

Klau Makanan yang diperhatikan,...Lah bu Kumendan, dicuex'in berarti Pak.... :) Padahal mereka sudah dandan abis2an dirumah.:)


EmoticonEmoticon