Thursday, April 12, 2018

Bikin Siluet Ternyata Gampang - Gampang Susah

Bikin Siluet

Menikmati matahari terbenam dengan orang tercinta..
ini salah satu keinginan yang baru saja terwujud, tapi saya belum bisa menikmatinya di Bali, Lombok atau tempat lain di luar sana.

Saya menikmati matahari terbenam murah meriah di jakarta, tepatnya di Ancol Beach City.

walapun sederhana, rasa senang dan bahagia tetap ada.
Yes.. akhirnya saya bisa nyunset dengan istri.



Bikin Siluet Background Sunset

Sebenernya sudah lama pingin punya foto siluet dengan latar belakang matahari terbenam, namun karena waktu dan lain hal belum juga kesampaian.

Hingga waktu pun tepat. Di minggu sore istri dan anak-anak saya ajak jalan-jalan ke Ancol, kali ini saya di temani adik ipar dan suaminya.

acara nyunset ini sebenarnya kejutan buat istri yang berulang tahun.

Singkat cerita setelah acara ulang tahun kecil-kecilan. saya mengajak istri untuk foto siluet.

Kami ambil gaya dengan posisi saya mengangkat tubuh istri.

"oke, satu... dua... tiga..., ekkhhhh.." saya mengangkat tubuh istri dengan sedikit ngeden.
bukan karena saya gak kuat, tapi itu semacam aba-aba untuk istri (alesan)

oke satu gambar kurang bagus. coba lagi

"satu... dua... tiga...,  ekkhhh" saya kembali ngeden.

kali ini istri protes. "aku berat ya, Yah!"

"enggak kok, itu suara cuma buat tambahan tenaga, soalnya aku jarang olah raga jadi tanganku lemah"

Tau sendiri kan, perempuan itu sensitif kalau di singgung masalah berat badan.

Istri saya cukup mengerti dengan keadaan saya. Atau mungkin. Yang lebih di kwatirkan istri, kalau pas ngeden ada sesuatu yang keluar.

Setelah beberapa kali angkat dan ngeden dapet juga gambar siluet yang pas seperti di bawah ini.

Bikin Siluet di pantai ancol

Gambar Bocor

Sebelum gambar sempurna seperti di atas beberapa kali gambar bocor. Memang jika ambil gambar di tempat umum ada aja orang yang lewat. terus ke foto dan bikin gambar jadi bocor.

Bikin Siluet di pantai ancol

liat kan, ada orang tulak pinggang di kiri foto.

Kejar-kejaran dengan waktu

bikin siluet dengan background matahari terbenam ternyata benar-benar harus menunggu momen yang pas. karena sunset yang bagus dan benar-benar indah hanya berlaku beberapa saat saja. faktor cuaca juga kayaknya memang menentukan.

Bikin Siluet di pantai ancol

matahari mulai tergelincir di ufuk barat.

Perlu pengarah gaya

menurut saya pengarah gaya ini perlu loh, karena mereka yang melihat komposisi siluetnya. dari bentuk wajah, lekuk tubuh dan background nya.

Saya termasuk tipe orang yang sulit bergaya. Selain agak malu karena banyak orang,  juga karena agak kikuk berpose mesra di depan umum.

Bikin Siluet di pantai ancol

saya di arahkan untuk berlutut. agar terlihat romantis.  cie...cie...cie...

Menghabiskan Waktu

Selain faktor cuaca, lokasi foto dan model yang sulit di arahkan seperti saya ini benar-benar menguras waktu.

emangsih, kalau mau hasilnya sempurna butuh waktu dan kesabaran.

Total untuk membuat foto siluet ini ada sekitar 42 kali jepret. itupun menurut saya, masih kurang bagus hasilnya.

Bikin Siluet di pantai ancol

Dan yang ini gambar terakhir sebelum matahari benar-benar tenggelam. karena sudah kesal dan capek tapi hasilnya kurang bagus.

Yah... namanya juga model amatiran. tapi seneng sih bisa nyunset bareng keluarga.

34 comments

Bagus kok hasil foto siluetnya, mas 👍
Keren juga kekinian pose2nya 😁

Mau dong difotoin 😉

Pengen nyunset juga. Tapi rencana liburan saya dibatalkan karena alasan tak terduga. hiks, harus sabar memang.

Foto yang paling saya suka adalah posisi Mas yang sedang berlutut di hadapan sang Kumendan, seolah - olah Mas ingin mengatakan " Kumendan, Terima Kasih Karena Sudah Setia Mendampingku, tapi mohon belikan aku makanan, karena aku sudah kelaparan ". :)

Wah jadi pengin punya pasangan ;(

Kereeenn.. bagus kok bro...yg ngambil foto piNter tuh.

Kalau tangan nggak kuat tukeran aja sama yg motret. Biar dia yg ngangkat istri mas, mas tinggal moto..jadi g akan terlalu capek :-)

Iya kan.. :-))

Btw satu lagi.. wuiih hebat dah tau apa itu foto bocor :-)

Mangstab

Kejar-kejaran dengan waktu memang bener banget jadi mesti cepet. :D
Siluet dengan background sunset emang keren :D

masa siih....

sini aku foto pake kamera HP. :)

Yang sabar ya...
saya sih maklum karena masih pengantin baru. ha..ha.. :)

ha..ha.. tau aja kang, itu perut udah minta di isi. jadi foto model itu melelahkan.

ahh.. yang betul mas bro hanafi...?

saya jadi malu...

wahh.. bisa geer nih, yang fotoin saya kalau dia tau dapat pujian pak Anton.

menang banyak dong yang motret. udah gendong istri jadi modelnya pula.

lah... nanti gambar sayanya mana?

saya juga tau istilah ini karena baca di blog fotografi.lovelybogor.com

Blog siapa ya itu?

yang jelas adminnya.

Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya. :)

iya mesti cepet, kaya mau nembak pacar mesti cepet-cepet. kalau enggak nanti ke duluan temen. :)

Lha.. kan katanya pegel, saya hanya memberi saran supaya ga pegel..

Fotonya, ya selfie saja..

NO PAIN NO GAIN.. iya kan..

wkwkwkwkw

Rasanya kenal.. cuma kayaknya dia bukan tetangga saya tuh..

hahahah.....betul sekali saran dari Pak Anton sebaiknya Mas Andi saja yang memfotonya, Orang lain yang mengangkat sang Kumendan, biar encoknya ngk kumat Mas, hahahah......

Tapi ngomong2...ide Pak Anton, sepertinya berdasarkan pengalaman yach... :)

situs yang disebutkan oleh Mas Andi, itu mah,,,saudaranya Maniakpotretttt... :) sering2 dech mas intip si Situs MP, foto modelnya seru2. :)

Ayok ...,
Fee motretnya mahal ngga 😉 ?

Jadi kepengen buat foto ala ala siluet juga tapi mungkin harus cari orang yang ahli dibidangnya. Cuman saya sma kayak mas nya, pemalu kalau bergaya di depan orang banyak, kesannya kaku hehe

BY THE WAY semua foto2nya keren, bikin iri para jomblo di luar sana hihi

Ecie so sweet bangetttt.. Dudududu, demen banget nih dengan siluet, jd pengin foto kaya gitu deh. Eh sama siapa? Sama mantan dong ya. Hahah

Ada yang mau jadi relawan ngk nich, buat foto siluet bareng Mbak Ella ? :)

Bagus banget hasil foto fotonya kak, romantis sekali hehehe

sama dong kita "tos".

yang jomblo jangan pada baper ya?

bingung mau foto sama siapa? tuh Kang Nata kayaknya siap menemani. biar lebih co.. cuit..

terima kasih..
terima kasih...
dan terima kasih...

Maaf, saya tidak melayani foto bareng, kecuali bayarannya gede.Hahahahah......

ha..ha..ha... Mulai matre nih....

Jadi baru ngeh apa maksud dari foto bocor itu, kalau saya biasanya hanya memfoto pemandangan berlatar belakang matahari yang sudah mulai tenggelam. :)

sama, saya juga tau istilah -istilah fotografi baru-baru ini aja.

wiww.. hasil jepretan siluetnya mantep abis.. fotografer handal ini masnya... :)


EmoticonEmoticon