Tuesday, September 18, 2018

6 Barang Bawaan Wajib Backpacker

Tau kan guys, salah satu destinasi wisata dalam negeri yang sering menjadi tujuan para wisatawan backpacker adalah Makassar. Selain Pantai Losari, kota ini juga memiliki banyak tempat wisata terkenal yang unik dan sayang sekali jika dilewatkan.

Karena berlibur ala backpacker identik dengan bujet murah meriah, pastikan liburan mu juga jauh dari kata repot dan ribet.

Untuk memudahkan perjalanan ala backpacker, pastikan barang yang dibawa saat liburan benar-benar dibutuhkan.

Meskipun tiket pesawat murah sudah di tanganmu, duit sudah full di ATM, namun perjalanan ala backpacker selalu membutuhkan lebih banyak persiapan. Nah apa aja sih barang yang wajib kamu bawa saat melakukan perjalanan ala backpacker tersebut? Yuk, ikuti ulasannya:

1. Tas ransel

 

6 Barang Bawaan Wajib Backpacker
Source : pixabay

Barang pertama yang wajib dibawa oleh backpacker tentu saja tas ransel atau backpack. Untuk ukuran tas, sesuaikan dengan kebutuhan dan lama perjalanan. Jika melakukan perjalanan jauh dalam waktu lama, gunakan tas yang lebih tinggi dan mampu menampung banyak barang.

Tapi... yang boleh masuk ke dalam tas cuma barang-barang kamu ya.. bukan barang orang lain. :)

Pastikan juga kamu menggunakan tas ransel yang dirancang khusus untuk perjalanan dan tahan air. Karena di pasaran, masih banyak beredar tas ransel untuk wisatawan backpacker dengan kualitas rendah dan harga lebih murah. Gak mau kan isi tas ancur gara-gara air.

2. Jaket antiair

 

6 Barang Bawaan Wajib Backpacker
Source : pixabay

Selain tas, kamu juga harus membawa jaket antiair. Jaket semacam ini sangat penting karena benda tersebut bisa melindungimu dari panas, dingin, sekaligus hujan.

Bisa memberikan kehangatan di saat jauh dari yayang. he..he..he...

Jadi kita tidak perlu lagi repot-repot membawa payung atau jas hujan. Lebih praktis dan efisien bukan? Selain itu jaket antiair juga lebih mudah dibawa kemanapun karena sifatnya yang dapat dilipat dan dimasukan ke dalam koper. Menarik bukan?

3. Kantong antiair

 

6 Barang Bawaan Wajib Backpacker
Source : pixabay

Untuk memudahkan kamu menemukan barang di dalam tas backpacker yang penuh, gunakan pouch atau kantong khusus untuk menyimpan barang berharga seperti smartphone, uang, dan kartu identitas.

Biar lebih aman, pilihlah kantong yang terbuat dari bahan antiair. Jadi jika selama perjalanan tiba-tiba turun hujan atau terhadang badai, barang berharga di dalamnya bisa tetap aman.

4. Pakaian ganti dan peralatan mandi

 

6 Barang Bawaan Wajib Backpacker
Source : pixabay

Selain jaket, kamu juga membutuhkan beberapa pasang pakaian ganti dan dalam, serta peralatan mandi.  ingat...!!!  beberapa ya.

Pastikan pakaian yang dibawa benar-benar diperlukan. Kalau perlu, bawalah pakaian yang bisa digunakan untuk tidur sekaligus bepergian. Alias pakaian multifungsi.

Hindari membawa pakaian yang tidak terlalu dibutuhkan seperti piyama, jas, batik, koko. ehh.. ini mau backpacker-an apa mudik. 

Pastikan pakaian yang dibawa benar-benar dibutuhkan selama perjalanan. Jangan lupa juga membawa pakaian selam jika kamu berencana berlibur ke pantai atau sepatu tracker jika kamu ingin mendaki gunung di Makassar.

5. Bekal makanan

 

6 Barang Bawaan Wajib Backpacker
Source : pixabay

Nah... ini nih yang gak boleh ketinggalan. Selain beberapa pakaian, peralatan mandi, dan beberapa kebutuhan penting lain, isilah tas ranselmu dengan bekal makanan yang memadai.

Apalagi buat kamu yang doyan makan, bekal makanan sangat penting untuk menghindari pengeluaran tambahan saat sedang menjelajahi Makassar.

Jika berkunjung ke daerah yang sepi dan jauh dari pemukiman seperti gunung, hutan, atau pulau terpencil, kamu tidak perlu terlalu khawatir akan kelaparan.

Sebagai referensi, bawalah beberapa kue kering, biskuit, dan kudapan ringan lain yang tidak terlalu makan banyak tempat. jangan lupa pastikan mie instan di dalam ranselmu.. 'cause this is my favorite food 👏

Jangan lupa juga untuk membawa botol air minum yang bisa diisi ulang kapanpun. Sehingga ketika butuh air minum, kita tidak perlu repot-repot mencari toko atau mini market.

6. Aplikasi traveling

 


6 Barang Bawaan Wajib Backpacker

Selain beberapa barang yang sudah disebutkan, sebelum melakukan perjalanan ala backpacker pastikan smartphone sudah dilengkapi dengan aplikasi travel seperti Airy yang dapat memudahkan perjalanan.

Karena selain dapat mencari tiket peswat dari berbagai maskapain penerbangan murah, aplikasi ini juga bisa membantu kita mencari dan memesan akomodasi hotel murah untuk perjalanan Anda.

Jangan lupa bawa charger sama powerbank. Gak mau kan hp lowbat pas lagi asik update status.

Nah, itulah beberapa barang bawaan yang wajib dibawa saat kita akan berwisata ala backpacker di Makassar. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi sebelum kita merencanakan liburan.

Agar liburan backpacker lebih murah meriah, pastikan Anda membeli tiket pesawat sekarang dari jauh hari ya.

Selamat melakukan backpacking!!

16 comments

Kalau saya jadi backpacker, saya juga butuh uang cash. Karena kalau di ATM susah...belum tentu semua tempat yang kita kunjungi ada ATM nya jadi, uang cash harus tetap di kantong..:D

Duit saya di ATM semua.. bijimana dong Pak? :)

Ini kayaknya "barang wajib bawaan pendaki gunung atau pecinta alam" jadinya. Aku kalo backpack ke negara-negara tetangga nggak pernah sih bawa kantong anti air, jaket anti air, atau bekal makanan :)

Tapi, memang better kalau bawa itu.

Anyway, foto ilustrasi di poin kantung anti air itu bukannya gambar sleeping bag ya?

Wahwah, kalo aku selain poin-poin diatas, biasanya ribet dengan perlengkapan fotografi. Bawa alat-alatnya aja bisa ngabisin tempat satu tas penuh. Duh piye :D

Nah itu nasib kita penggemar fotografi mas. Bawa tripod, bawa lensa, bawa ini dan itu sampai kadang lupa bawa istri dan anak.. 😁

Baca beginian jadi ingin backpakeran. Tapi ingat libur sekolah masih lama. Sabar,,, sabar,,,

Wah, para backpacker sejati wajib baca nih. :D

Iya bisa saja ini lebih ke pecinta alam... lebih enak bawa makanan sendiri sih... lebih irit.

:)

@Fajar Fathurrahman.. wahh penggemar fotografi harus punya tenaga extra nih. buat membawa alat-alatnta. :)

pengalaman pribadi ya Pak? he..he..he :)

Libur sekolah belum tiba ya Bu Guru... :)

siapa nih, yang merasa backpacker sejati. :)

Biasa aku bawa itu, Mas
Kalau mendaki, kalah bukan ke alam tetap bawa tapi tak semuanya :)

kalau bawa semuanya repot ya, mesti siapin tenaga extra


EmoticonEmoticon