Taman Legenda TMII, Satu Lokasi Belasan Rekreasi

Taman Legenda TMII, Satu Tempat Belasan Nikmat

Sebenarnya namanya Taman legenda tapi umumnya orang biasa menyebut dengan sebutan Taman Dinosaurus, entah kenapa . Tapi kayaknya karena promosi petualangan dinosaurusnya lebih menonjol ketimbang  Taman Legendanya. jadi orang taunya ini Taman Dinosaurus, termasuk saya.

Saya  juga awalnya mengira ini adalah Taman Dinosurus, karena waktu itu teman-teman yang posting di fb rata-rata menyebutnya taman dinosaurus, tapi setelah saya datang dan liat sendiri ternyata namanya adalah "Taman Legenda" dan Petualangan Dinosaurus adalah bagian dari rekreasi dari Taman Legenda.

Sebetulnya di taman legenda kebanyakan orang hanya tau Taman dinosaurus atau petualangan Dinosaurus padahal masih banyak hal menarik yang masih bisa di explor di sana.

Perjalanan kali ini seperti biasa saya di temani keluarga, di hari kamis karena tiketnya lebih murah. Selain karena lebih hemat juga suasananya gak begitu ramai.

yah.. beginilah suasana di kamis pagi.. namun karena waktu itu masih suasana lebaran, pengunjung juga enggak sepi-sepi amat.

Taman Legenda TMII, Satu Tempat Belasan Nikmat


JAM BUKA/TUTUP
10.00 - 17.00 WIB (weekday)
09.00 - 18.00 WIB (weekend)

TIKET
Pintu masuk 20k (Senin - Jumat)
30k (Sabtu-Minggu-Hari libur nasional)
All in one 120k (Senin - Jumat)
150k (Sabtu-Minggu-Hari libur nasional)

Rincian total 9 wahana + tiket masuk
Rp. 195.000 (Senin - Jumat)
Rp. 205.000 (Sabtu-Minggu-Hari libur nasional)

Paket all in one(9 wahana) + tiket masuk
Rp. 120.000 (Senin - Jumat)
Rp. 150.000 (Sabtu-Minggu-Hari libur nasional)

Alamat : Jl. Raya TMII Komplek Area TMII
Web : tamanlegenda.id
Info : (021) 29840888
Wa : 0813 888 000 80
Instagram : tamanlegendakeongemas
( Harga bisa berubah sewaktu-waktu cek via web, Wa atau instagram untuk mengetahui harga terbaru )

Promo all in one 100 rb
Taman Legenda tidak menggunakan sistem umur tapi menggunakan sistem tinggi badan, kalau tinggi badannya di bawah 90cm free alias gratis masuk.
Untungnya lagi ada promo, kalau kita follow akun instagramnya lalu upload and share akan ada potongan harga untuk tiket all in jadi hanya membayar 100rb Include untuk semua wahana, asik kan?

Taman Legenda TMII, Satu Tempat Belasan Nikmat

Di loket kalian akan mendapatkan gelang karet yang berisi semacam cip di dalamnya sebagai tanda masuk. gelang ini berisi saldo yang bisa di top up di konter-konter, karena semua transaksi di sini menggunakan saldo yang ada di gelang ini jadi tidak ada cash. oh ya, untuk gelang ini kamu akan dikenakan biaya jaminan gelang sebesar Rp.10.000, uang jaminan bisa di ambil setelah gelang karet ini di kembalikan.

Gelangnya juga beda warna, yang berwarna biru untuk tiket reguler dan yang hitam untuk tiket All in

Taman Legenda TMII, tiket gelang top up

Di pintu masuk, gelang di tap untuk membuka pintu dengan di bantu oleh petugas. Tapi sayang masuk ke sini enggak boleh bawa makanan, padahal udah bawa bekel banyak. Dan yang boleh masuk cuma botol minuman itupun bukan botol plastik  air mineral biasa, tapi botol semisal tupperware.

Taman Legenda TMII, Satu Tempat Belasan Nikmat

Biar waktu jalan-jalannya enggak sia-sia dan mondar-mandir enggak jelas ada baiknya membaca peta dahulu. peta bisa menjai panduan agar bisa menikmati seluruh fasilitas yang ada.

Taman Legenda TMII, Maps

Pohon bicara
pohon ini bisa berbicara loh, posisinya di sebelah kiri setelah pintu masuk
"Halo selamat datang di Taman Legenda" begitu kira-kira ucapannya. Sambil membuka mulut dan mata yang kekanan-kekiri.

Taman Legenda TMII, pohon bicara


Nirwata Kisar
Ini sebetulnya mirip komidi putar dengan dek ganda, jadi posisi kuda tunggangnya ada yang di bawah dan di atas.

Taman Legenda TMII, Nirwata kisar

Mata Legenda
kincir raksasa mirip bianglalanya ancol, kemarin saya naik ini nih. awalnya enggak mau karena di paksa akhirnya mau juga.istri saya itu demen banget liat saya tersiksa di atas ketinggian.

Taman Legenda TMII, mata legenda

Taman Legenda TMII, mata legenda

Taman Dinosaurus
ini nih tempat yang sering di sebut taman dinosaurus, padahal nama tempatnya petualangan dinosaurus. tempat ini berisi replika dinosaurus yang bisa bergerak dan mengeluarkan suara.
Ada tulisan jangan sentuh dinosaurus, tapi anak dan istri saya pengen banget nyentuh waktu itu. Mumpung gak ada petugas, saya bolehin aja deh. he..he..
"kenyel-kenyel kayak karet, Yah.." kata si Icad.

Taman Legenda TMII, taman dinosaurus

Di taman ini juga ada tempat bermain layaknya arkeolog, ada semacam bak pasir yang di dalamnya berisi replika  tulang-belulang dinosaurus, dengan alat yang tersedia anak-anak bisa menggali pasir dan menemukan tulang dinosaurus.

Anak saya cuma sebentar main di sini "Bosen," katanya. Tapi emang saya suruh udahan juga sih. takut pas lagi ngorek-ngorek malah dapet eek kucing. soalnya pasir biasanya di pakai sebagai media pelepas rasa mules oleh kucing.

Taman Legenda TMII, taman dinosaurus

Bajak Laut
Bajak laut di taman legenda mirip kora-kora di Dufan, cuma ukurannya mini banget, saya di tantang untuk naik ini, tapi saya menolak dengan alasan pusing.
Emang saya tuh gak tahan naik beginian, apalagi pas di posisi atas, rasanya tuh jantung ser... ser-an.
Taman Legenda TMII, bajak laut

Taman Legenda TMII, bajak laut

Ular Selur
ini mirip rollercoaster, tapi versi mininya, cara kerjanya sama cuma namanya aja yang beda.
Taman Legenda TMII, ular selur

Taman Legenda TMII, ular selur

Mobil Tanjak
mobil tanjak agak mirip juga sama ular serut, tapi jenis permainan ini menggunakan mobil sebagai tunggangannya, treknya naik turun loh.

"Neng, tau gak apa bedanya kamu sama mobil tanjak?"
"Apaan , bang?"
"Kalau mobil tanjang, abis naik pasti turun"
"Tapi kalu cinta abang Neng,gak akan pernah turun"
"Preeett.."

Taman Legenda TMII, mobil tanjak

Taman Legenda TMII, mobil tanjak

Baby Dino
Agak mirip mobil mobilan remot tapi bentuknya berupa Dinosaurus. kemarin anak gak mau naik ini nih. Sepertinya anak saya kurang minat.
Taman Legenda TMII, baby dino

Pojok Edukasi
Pojok edukasi dimana tempat untuk anak-anak mempelajari hewan-hewan dari mulai namanya, jenis makannya sampai perawatannya.
Ada, domba, unta mini, kuda poni, keledai pokoknya yang saya liat jenis hewannya kebanyakan mini-mini gitu deh.
untuk memberikan makan di kenakan biaya Rp.5000, per keranjang kecil wortel, yang bisa di beli di kasir. Kalau mau niat kesini sih mending bawa wortel sendiri dari rumah, 5ribu bisa dapet banyak, sebab kalau beli di sini itu... hadeuuhh... cuma beberapa potong doang dapetnya.

Taman Legenda TMII, pojok edukasi keledai

Taman Legenda TMII, pojok edukasi unta mini

Taman Legenda TMII, pojok edukasi kuda poni

Sapi Mini
Masih ngomongin yang mini, ada juga sapi mini nih di taman legenda. tingginya hanya 0,9 meter dengan panjang 1,5 meter dan berat 70-100 KG. Sapi ini berasal dari skotlandia dan katanya hewan ini bisa di jadikan hewan peliharaan yang ramah, di namakan "BELTED" karena warna putih di lingkar pinggangnya.
Bulunya yang tebal sekitar 630 helai di setiap centimeter persegi membuat sapi mini sanggup bertahan di cuaca yang sangat dingin.


Kuda Tunggang
Masih di pojok edukasi ya, di sini juga ada kuda tunggang, dengan perlengkapan helm yang di sediakan kamu siap memutari trek dengan di pandu oleh pawangnya. ini juga berlaku di tiket all in. jadi gak perlu bayar lagi.

Taman Legenda TMII, kuda tunggang

Taman Legenda TMII, kuda tunggang

Anak Tirta
Buat yang mau berendem atau main air ada kolam renang namanya Anak Tirta. Masih di dalam taman legenda loh.
Taman Legenda TMII, anak tirta

Museum Asmat
waktu itu pas saya kesini sepertinya sepi peminat, terlihat dengan sedikitnya orang yang mau masuk kedalam museumnya.

Taman Legenda TMII, museum asmat

Perang Galaksi
Ini sebetulnya masih boleh di bilang mirip komedi putar, cuma medianya menggunakan pesawat-pesawatan berbentuk pesawat luar angkasa. agak sepi yang naik waktu itu, mungkin karena posisinya paling pojok dan banyak orang tidak tahu.

Taman Legenda TMII, perang galaksi

Taman Legenda TMII, perang galaksi

Kafe Barong
Waktunya makan-makan, ini satu-satunya tempat makan dengan beberapa menu di Taman Legenda namanya kafe barong, di sini tersedia berbagai menu hidangan yang bisa di pesan , mulai dari ayam penyet, ayam geprek, dll. tapi sekali lagi pembayarannya tidak bisa kontan. kamu harus top up dulu di kasir kalau saldonya enggak cukup.
Lokasinya yang di pinggir danau bikin suasana makan makin enak, anginnya yang bertiup itu loh bikin betah ngobrol lama-lama di sini.

Taman Legenda TMII, kafe barong

Taman Legenda TMII, kafe barong

Fun Trial Archery
Tempat ini tidak ada di maps Taman Legenda, ini adalah semacam tempat latihan memanah, tapi kamu mesti bayar lagi untuk bermain di sini. Lokasinya berada di paling ujung dari pintu masuk taman legenda

Taman Legenda TMII, fun trial archery

Taman Kelinci
Tempat di mana kelinci-kelinci di lepas dan di biarkan berlarian, mirip Rabbit Land yang ada di kelapa gading. Lokasinya yang di beri pagar pembatas tidak akan membuat kelinci berlari terlalu jauh. anak-anak suka sekali bermain di sini.

Taman Legenda TMII, Satu Tempat Belasan Nikmat

Stasiun Beos
stasiun dimana kereta mini akan menaikkan dan menurunkan penumpang, kereta mini akan berjalan mengelilingi taman legenda, tapi sayang waktu itu kereta sedang istirahat. jadi gak bisa ikut naik keretanya.

Taman Legenda TMII, stasiun beos

Taman Legenda
Sebetulnya lokasi ini yang benar-benar dinamakan taman legenda, di ini terdapat pendopo, air mancur dan beberapa patung legenda keong mas, tapi maklum kamera saya tidak mampu melawan matahari, karena posisi patungnya tepat di arah barat, dan kebetulan ini adalah lokasi yang terakhir di kunjungi sebelum pulang.

Taman Legenda TMII, Satu Tempat Belasan Nikmat

Taman Legenda TMII, Satu Tempat Belasan Nikmat

Gak terasa seharian sudah berkeliling di Taman Legenda, sekarang saya pun tahu bahwa  taman legenda bukan hanya taman dinosaurusnya aja, banyak hal menarik yang bisa di explor disini, rugikan udah jauh-jauh ke sini yang di liat cuma petualangan dinosaurusnya aja.

Post a Comment

4 Comments

  1. Konsep wisata dinosaurusnya hampir mirip dengan Dino Park JatimPark3, hanya ini versi sederhananya ya,mas.
    Kalau di Dino Park areanya ditata lebih berkelas International.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kecil tempatnya,tidak terlalu luas, kurang puas saya liat dionsaurusnya.

      Delete
  2. TMII memang tidak ada habisnya jika dikunjungi ya. Contohnya mengunjungi taman levenda ini aja, muter2nya bisa seharian. Berhubung tidak tingal di Jakarta, cukup membaca postingan Masandi, supaya berasa pergi ke sana juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sebetulnya masih banyak yang bisa di liat di TMII, tapi harus keluarkan kocek lebih dalam dan waktu luang, karena masing-masing lokasi rekreasi berbayar. di luar tiket masuk TMII.

      Delete