Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

Saya belum pernah main ke Lapangan banteng sebelumnya, jadi enggak tau wajah lama lapangan banteng sebelum di revitalisasi.

Namun saya hanya akan cerita sedikit serunya main di kawasan lapangan banteng ini.

Lapangan banteng beralamat di Kawasan Lapangan Banteng, Jl. Banteng Barat, Ps. Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710
Jam buka: Buka 24 jam

Apa aja sih yang bisa kita temukan di Lapangan banteng?


Monumen Pembebasan Irian Barat


Monumen ini untuk mengenang para pejuang Trikora dan masyarakat Irian Barat yang memilih menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lepas bebas dari belenggu penjajahan Belanda, karena wilayah Irian Barat dipertahankan Belanda
sejak konfrensi Meja Bundar(1949) dan Belanda mengulur-ulur waktu sampai Bung Karno membentuk Komanda Trikora.
kata Irian singkatan dari ikut Republik Indonesia Anti Nederland.

Selain Monumen pembebasan irian barat di sebelahnya ternyata ada kolam air mancur dengan panggung di sekelilingnya yang akan di nyalakan sekitar pukul 18.30 wib.

**
Oh iya waktu itu saya parkir motor di sebelah barat tepatnya di jalan Katedral 1, sisi luar lapangan basket.

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

Lebih jelasnya di peta bawah ini.

Lapangan Banteng, Maps

Awalnya tahu lokasi yang telah di revitalisasi ini dari status facebook teman yang bermain di arena main ayunan dan perosotan, dan keliatan tempatnya enak. Jadi tertarik main ke sini.

Stan Kota-Kota Propinsi DKI Jakarta

Saya bingung nyebutnya sebetulnya stan atau apa, tapi ini semacam lokasi pameran kota - kota  di DKI, seperti Kabupaten administrasi kepulauan Seribu, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Namun tidak semua foto saya masukkan karena terlalu banyak.

simak aja deh...

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

ini sengaja di kasih perahu buat foto-foto.

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

ini adalah sisi selatan lapangan banteng.
Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

di sisi ini kamu akan menemukan tanaman-tanaman yang di taman dengan sistem hidroponik yang di pajang.

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

bukan hanya tanaman hidroponik sih, tapi juga banyak penjual macam-macam tanaman buah dan tanaman hias lainnya.

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

Bahkan ada terapi sengat lebah juga di sini loh.

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

Saat ini kita berada di stan Kota Jakarta Pusat, ramai sekali di sini karena selain tempatnya adem juga ada mainan anan-anaknya.

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

salah satunya ayunan ini yang ada di lokasi stan Jakarta Pusat.

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

Selain mainan-mainan ayunan dan sejenisnya di beberapa lokasi juga ada permainan memanjat.

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

Ada spot foto yang unik juga loh. Dinosaurus berbahan kayu yang di lapisi dengan seng.

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi

lanjut yuk ke lokasi jakarta timur..

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi

Di dalam sini ada mainan motor-motoran dari ban bekas...

Oh iya sebetulnya di semua lokasi tempat ini, itu banyak benda atau hiasan yang terbuat dari barang bekas atau istilahnya barang bekas yang di alih fungsikan menjadi bentuk lain.

Seperti dari botol bekas, ban bekas, onderdil motor dan sepeda bekas dll.

Gampangnya sih sebut aja sampah yang di daur ulang.Contohnya seperti motor dari ban bekas ini.

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

Dangambar di bawah ini recycle urban native, banyak dari onderdil atau bagian dari sepeda motor dan sepeda bekas yang di manfaatkan sebagai hiasan.

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

yang ini bentuknya lucu ya? Mirip burung hantu. Tebak dan perhatikan bahan-bahan yang di gunakan.

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

waktu saya ke lapangan banteng ada stan Taman Marga Satwa Ragunan, yang isinya beberapa  hewan -hewan yang sudah di awetkan dan contoh beberapa buah telur.

ini sebagai salah-satu cara untuk mempromosikan kebun binatang ragunan.

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

Haus? gak usah repot cari warung. di sudut sebelah selatan lapangan banteng setelah stan  Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu terdapat tempat minum gratis di pinggir jalan setapaknya.

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

Untuk menghemat pengeluaran bawa botol dan isi ulang di sini. Cuek aja enggak usah malu. he...he...

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

Dan... sebetulnya bagian di bawah ini tujuan utama ke lapangan banteng, mengajak main anak-anak di taman bermainnya, tapi enggak taunya kami menemukan lebih banyak keseruan di sini.

Main ke Lapangan Banteng, Hasil Revitalisasi, Yuk!

Ternyata lapangan banteng lokasinya cukup enak untuk bersantai, selain gratis dan cuma bawa parkir Rp. 5000. enggak ada lagi biaya tiket masuk. pas saya ke sini pipis juga gratis tuh.

Gimana? tertarik main ke lapangan banteng?

Yuk ajak keluarga nyantai di Lapangan Banteng

Post a Comment

5 Comments

  1. Dah lama sekali saya tidak main ke Lapangan Banteng. Terakhir kali kesana saat menjadi panitia lomba tanaman hias kayaknya. Setelah itu belum sempat lagi.

    Jadi keren yah kelihatannya. Mudah-mudahan tetap terawat dan bisa menjadi ruang terbuka publik yang baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rupanya Pak Anton paham tanaman hias juga toh, sampai jadi panitia segala.

      iya yang penting pengunjung peduli kebersihan dan menjaga fasilitas umumnya. jadi bakalan asik terus tempatnya

      Delete
    2. Dulu sempat bergelut di bisnis dan dunia tanaman hias kang. Dari tahun 2006 sampe 2011 an. Khususnya aglaonema dan aktif ikut berbagai komunitas. Cuma setelah itu stop. Yah pengalaman bergabung dalam komunitas itu yg membawa saya sempat ikut jadi panitia lomba . Tiap tahun kan di lapangan banteng emang ada pameran tanaman hias

      Delete
  2. Jadi pengen main ke sana jugaaaaa banyak spot instagramablenya! Yuhuuuu ...

    ReplyDelete
  3. @TUTEH yukkk ahh mainnn... :)

    @Pak ANTON Ardyanto, waah jadi lumayan pakar nih sama si aglaonema.

    ReplyDelete