Goreng Garem Bikin Geram

Goreng Garem Bikin Geram

Pada suatu sore...

"Mah, bikin goreng garem dong... buat Ibu." kebetulan Ibu saya minta dibuatkan lauk

"Buat apa?" istri bertanya

"Buat Ibu, lah." jawab saya

"Iya tau, buat ibu tapi goreng garem buat apa?" istri mulai kesel

"Itu loh, cabe bawang yang di goreng sama garem" saya menjelaskan

"Itu mah bikin sambel namanya" jawab istri setengah kezel

"Ya itu dia, dari kecil orang sini bilangnya Goreng garem" saya melakukan pembenaran

"Arrgghhhh... kamu idup di planet mana sih? itu namanya cabe bawang di goreng, bukan garem yang di goreng "  istri makin kesel



Goreng garem adalah sebutan buat cabe merah dan bawang merah yang di iris tipis lalu di goreng hingga agak kering. lalu di tambah garam sebagai penguat rasa.

Entah dari mana berawal, tapi seingat saya, sejak saya kecil cabe yang di goreng dengan garam hingga kering itu di sebut goreng garem.

Catatan: saya lahir dan besar di lingkungan masyarakat asli Betawi di pinggiran kota jakarta

Mungkin dulu karena goreng garem ini menggunakan garem kasar sebagai bahannya dan saat di sajikan masih ada beberapa gumpalan garem yang membuat sebutannya demikian.

Tapi sungguh, istri saya yang lahir dan besar hanya sekitar 6 kilometer dari tempat saya lahir, tidak mengenal istilah goreng garem. Mungkin karena dia hidup di lingkungan yang berbeda.

Istri tinggal di suatu perumahan yang mayoritas penghuninya adalah pendatang.

Tapi buat sekedar catatan ternyata pas saya iseng searching, ada Sekitar 226.000 hasil pencarian di google. jadi enggak salah dong saya menyebutnya goreng garem. 😑

Goreng Garem Bikin Geram

Sesungguhnya Goreng garem itu di ciptakan dengan bumbu sederhana, dengan bahan dasar Cabe merah, bawang merah dan garam.

Tapi entah kenapa, setelah di satukan dalam penggorengan dan di masak hingga agak kering, aromanya sungguh menggugah selera makan.

Saya bisa habis sepiring penuh bahkan nambah dengan hanya lauk goreng garem ini. Tapi. ya... istri mana sih yang tega suaminya cuma makan sama sambel doang, hasilnya  fried chicken pun mendarat mulus di piring.

Goreng Garem Bikin Geram

"Udah lah Mah, gak usah, cukup goreng garem aja udah nikmat kok" saya menolak secara halus

"Halah, Udah ini." istri meletakkan ayam goreng di pinggiran piring.

"Tuh, kan dimakan juga" sela istri

"Abis gimana, ayam gorengnya manggil-manggil terus, minta dimakan katanya " 😁

"Huuh.... dasar maruk" 😋

Post a Comment

2 Comments

  1. Dijamin nafsu makan jadi tambah lahap kalau lauknya dilengkapi sedapnya goreng garem :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nambah nafsu Mas, apalagi di tambah ayam goreng :)

      Delete