Candi Gedong Songo, Semarang Jawa Tengah

Candi Gedong Songo, Semarang Jawa Tengah

Lebaran kemarin saya mudik ke jawa tengah. Tepatnya kota Semarang untuk berlebaran dengan sanak saudara disana.

Kesempatan liburan ini enggak saya sia-siakan begitu aja. Saya minta sama saudara buat di antra jalan-jalan ke daerah yang berdekatan, yang penting dalam satu hari bisa beberapa tempat wisata. Karena waktu libur yang mepet. Jadilah kami rombongan dua mobil berangkat ke Gedung Songo di pagi hari.

Rombongan karena sodara-sodara pada ikut, termasuk orang tua, Bude, Sepupu dan Ponakan-ponakan. Entah bagaimana caranya yang penting dua mobil cukup buat mereka semua. yahh... desek-desekan pastinya... yang penting happy. 😁

baca juga: Taman Legenda TMII, Bermain di Petualangan Dinosaurus yuk!

Candi Gedong Songo, Semarang Jawa Tengah

Alamat: Krajan, Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614

Candi Gedong Songo adalah nama sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Di kompleks candi ini terdapat sembilan buah candi. Wikipedia

Jangan tanya saya gimana caranya kesini ya, saya juga enggak paham wilayah sini. Setau saya cuma jalan lurus, belok kanan, belok kiri,naik gunung, trus sampe. Hadeuuh... mual juga.

Candi Gedong Songo, Semarang Jawa Tengah - parkir

Ini tempat parkir mobilnya, macam di puncak. jelas aja sebab lokasi gedung songo emang di atas gunung.

Harga Tiket Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo, Semarang Jawa Tengah - loket

Tourist Rp: 75.000
Domestik Rp : 10.000

Saya sempat kaget waktu liat angka 75K yang tertulis. Pas saya baca ke bawah... Alhamdulillah, ternyata cuma 10k. Tapi bagi saya, harganya terlalu mahal buat turis, terlalu jauh bedanya.

Candi Gedong Songo, Semarang Jawa Tengah - tiket

Begini penampakan tiketnya

Candi Gedong Songo, Semarang Jawa Tengah

Oke, kita akan melewati pintu masuk di ujung sana, agak padat. Maklum susana libur lebaran.

Candi Gedong Songo, Semarang Jawa Tengah

Ambil posisi dibawah pohon, gelar tiker dan menikmati kesejukan alam pegunungan. Udah gitu deket penjual sosis jumbo dan es teh manis. Bikin males beranjak dari tempat lesehan.

Hirup udara pun bisa dalam-dalam, karena kualitas udaranya terasa lebih bersih dari pada di Jakarta.

Candi Gedong Songo, Semarang Jawa Tengah

Sementara saya menikmati alam, anak-anak bisa bermain sendiri. Eh... tapi bukan cuma anak-anak yang asik bermain tuh.

Ayanaz Spot Foto di Gedong Songo

Candi Gedong Songo, Semarang Jawa Tengah

Di sini juga ada lokasi khusus berfoto, namanya Ayanaz. Dengan membayar Rp. 25.000 untuk dewasa dan Rp.15.000 untuk anak-anak. Kamu bisa bebas menggunakan fasilitas yang ada di lokasinya.

Tapi saya enggak pergi berfoto kesana, cukup menikmati pemandangan aja dari tempat saya duduk.

baca juga : Cara Antrian Baru di Planetarium Jakarta

Wisata Berkuda candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo, Semarang Jawa Tengah

Selain spot selfie, di sini juga ada wisata berkuda dengan tarif mulai Rp. 50.000. Paket liburan wisata berkuda Candi Gedong Songo. Tarif di sesuaikan dengan jarak, jumlah orang dan beban.

Paket Candi Gedong 9 lebih dari 1 jam, di kenakan biaya tambahan.

Candi 1  Rp. 50.000
Candi 2  Rp. 80.000
 - berdua Rp. 100.000
Candi 3  Rp. 90.000
 - berdua Rp. 110.00
Air panas Rp. 100.000
 - berdua  Rp. 120.000
Paket candi 9 Rp. 120.000
 - berdua Rp.150.000
 *berat badan ⇛ 90 kg Rp. 200.000
 *berat badan 70-80 kg Rp. 150.000

begitulah kira-kira tarifnya, yang mungkin aja suatu saat bisa berubah.

Candi Gedong Songo, Semarang Jawa Tengah - berkuda

Candi Gedong Songo, Semarang Jawa Tengah - naik kuda

Souvenir di Gedong Songo

Candi Gedong Songo, Semarang Jawa Tengah - souvenir

Selain tempat foto-foto dan berkuda di sini juga ada jual souvenir. Tentu saja yang namanya tempat wisata udah pasti ada tempat yang jual souvenir atau cidera mata. Yang bisa di jadiin oleh-oleh buat di bawa pulang.

baca juga : Oleh - Oleh khas Candi Borobudur dan Candi Prambanan

berikut beberapa tempat jual cindera mata yang ada di gedong songo.

Candi Gedong Songo, Semarang Jawa Tengah - souvenir

yang ini lokasinya di pintu keluar candi, agak meurun jalannya. dan ramai banget.

Candi Gedong Songo, Semarang Jawa Tengah - souvenir

"Ehh.... Mbak numpang tanya, beli sosisnya di sebelah mana?"

"Sorry Mas, saya buru-buru No comment..." sambil berlalu

"Aisshhh...  " buru-buru amat sih.

"Eh... mas yang di belakang... boleh tau beli sosisnya dimana?"

"Sorry Mas, saya juga enggak tau, ini sosis dari Mbak-Mbak yang di depan tadi" kata si Mas sambil merem melek makan sosis. 

"Ohh... dasar..." hehehe. just kidding.

Candi Gedong Songo, Semarang Jawa Tengah. mungkin suatu saat saya akan kembali. Karena kemarin belum sempat muter-muter keliling candinya. Karena masalah waktu.

Post a Comment

4 Comments

  1. tampak ramai pengunjung ke sini... bilalah agaknya saya akan sampai di sini... air asia tolong buat promotion ke jawa tengah pleaseeee ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke cek. Air asia tolong buat promo buat saya juga... hehehe

      Delete
  2. oh ya... adakah ia ada kaitan dengan Wali Songo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini candi peninggalan Budaya Hindu. Jadi tidak terkait wali songo. Songo dalam bahasa jawa berarti sembilan. jadi kalau di bahasa indonesiakan "candi sembilan"

      Delete