Nonton Dalang Pelo, Anak Saya Ngomong Monyet!!

Dalang Pelo, Dasar Monyet.

"Dasar monyet....."   tiba -tiba anak saya yang kecil berteriak.

kami sekeluarga kaget.

"Hus... ngomong apaan kamu dek?"

"Enggak kok ayah, ini lagi nonton dalang pelo di youtube, terus ada monyetnya"

"Ohh...." Rupanya anak saya sedang menirukan si acil (salah satu pemeran dalang pelo) saat memaki-maki si monyet.

enggak lama. " Monyet luh... bau tai...  "

"hus...ngomong apa lagi kamu dek?"

 "ini yah si monyet bau tai kata si Acil."

makin lama makin ngawur. " Ler... ler... ler..."

"Dek, kamu ngomong apa lagi?"

"Ini Yah, si Acil manggil - manggil si Leri." Leri adalah teman si Acil.

Karena gak mau makin ketularan si dalang pelo akhirnya saya dan istri memutuskan menyetop kegiatan anak saya menonton si Dalang Pelo.

Tentunya si kecil protes keras dan ngambek. Tapi... harus gimana lagi kalau gak di cegah dari sekarang takut jadi kebiasaaan.

Bukan cuma itu sih, karena si acil ini dialognya seperti anak alay. Saya takut gaya alay-nya berimbas buruk ke anak.



Penasaran dapet link video ini dari mana, akhirnya anak saya diselidiki.

"kamu tau dari mana bisa nonton si Dalang Pelo?"

"Dari keyla, Yah" ternyata dia tau dari saudara sepupunya, yang memang lebih tua umurnya.

Akhirnya istri dan saya menasehati, bahwa dalang pelo enggak bagus untuk anak-anak. Disana banyak kata-kata yang enggak pantas di ucapkan.

Karena setelah menonton video Dalang pelo, anak saya selalu menirukan kata-kata yang ada di video tersebut.

Buat orang dewasa, video animasi dalang pelo yang di perankan oleh si acil memang lucu. Saya juga ikut iseng nonton setelah tau dari anak. 😅

 Tapi kayaknya, tontonan ini belum pantas untuk anak usia 6 tahun seperti dia.

Setelah kejadian ini, perlu lebih extra lagi deh. Menyaring tontonan yang pas buat anak-anak.

Ps: maaf kalau ada kata-kata yang kurang sopan di atas.


Post a Comment

22 Comments

  1. Kok aku nggak tau dalang pelo yak.. Kudet bgt nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudet itu nama makanan ya? :)
      tapi kalau update si mantan tetep... ha..ha..

      Delete
  2. Hemm.. saya malah ga tau itu dalang pelo... saya nggak suka nonton youtube.. sukanya ngetik saja.. hahahaha

    tapi mas bijak dengan memberi penjelasan dan bukan sekedar melarang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa itu, anak-anak kalau pada ngumpul kalau gak main game ya buka youtube.

      iya pak, segala hal yang dilarang harus jelas, kenapa dilarang.

      Delete
  3. Samaaa. Saya juga ngga tahu Dalang Pelo. Baru denger kali ini.

    Mungkin karena saya lebih suka nonton anime dari Jepang, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru denger ya?

      kebanyakan nonton anime jepang sih.

      atau kebanyakan belanja online. :)

      Delete
  4. Replies
    1. Namanya juga monyet, lucu lah. kalau serem setan namanya.

      Delete
  5. Nah itulah masalahnya.
    Di negara kita penuh dengan bahasa-bahasa yang konon kata-kata itu masuk dalam kata kasar. Walau kata itu adalah nama hewan.
    Sebenarnya kalau kita tahu arti dari kata busyet, lebih kasar lagi maknanya. Tapi dianggap kata itu hal lumrah dan biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduhh.. busyet itu kata-kata kasar ya?
      saya sering ngomong gitu tuh...

      Delete
  6. Baru tau ada tontonan dalang Pelo ini.
    Wah,semestinya tayangan itu jangan gunain kata2 seperti itu,ya ... ,nanti dicontoh anak kecil yang belum tau benar sebenarnya apa arti kata seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan berendem nih kang himawan, sampai ketinggalan berita.

      padahal saya aja taunya dari anak saya. :)

      Delete
  7. Aku tau dalang pelo dari murid privatku kelas 6 SD. Tiap dia capek belajar yg diceritain ttg episode barunya si dalang pelo ini. Sambil niru2in gayanya 😂 memang bahasanya banyak yg alay sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau dong jadi murid privat.;)

      kalau saya jadi murid privatnya pasti saya gak capek belajar deh.

      Delete
  8. Weleh saya malah baru tahu si Acil..wkwk
    Haha..anak kecil itu sangat mudah sekali menyerap dan menirukan apa yang dia dengar ya, Mas..

    Makannya kalau diajarkan nggak baik sedari kecil akan cepat sekali menularnya. Begitupun sebaliknya :)

    Kenalin sama si Acil dong, Mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya namanya juga anak-anak. gampang ketularan.

      kenalan sendiri aja dah. :)

      Delete
  9. Ya allah bocah sekarang ada ada aja.. Semua ucapan yang ditontonya semua ditiru ya kang.. Aduh padahal bocah gtu masih polos2nya.. Sayang banget hehhee.. Mungkin nanti lebih hati2 lagi sama tontonannya ya kang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada Bumil mampir nih, :)

      Yah... namanya juga anak-anak kita harus pinter ngawasinnya.

      Delete
  10. Kadang sudah diawasi aja kita masih kecolongan. Biasanya datanh dari orang terdekat. Meski maksudnya baik utk menghibur. Tapi orang tua kudu sidak semua tontonan utk mengantisipasi hal buruk. Takutnya berdampak pada sikap dan ucapan tdk baik pada si anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya anak saya masih suka niru dalang pelo sampai sekarang. padahal udah enggak nonton lagi

      Delete
  11. wah ko aku gak tahu nya tentang dalang pelo hahaha kudet banget sih diri ku

    ReplyDelete