Proses Lahirnya Buku Antologi Membahagiakan Ibu dan Ayah

Buku Antologi Membahagiakan Ibu dan Ayah

Proses penerbitan buku antologi ini lumayan panjang, bukan karena lama nulisnya tapi buku ini terlahir dari sebuah kelas menulis yang di adakan nulisyuk, mulai dari pendaftaran yaitu tanggal 29 september 2018, setelah itu saya harus menunggu kelasnya yang baru akan di mulai bulan depannya.

Sebetulnya udah lama kenal sih sama nulisyuk, dari instagram dan saya baru ikut kelasnya di batch 16 dan berarti kelas nulisyuk sudah di adakan 15 kali sebelumnya, ini pertama kalinya saya ikut kelas menulis via online, dan belum kebayang gimana cara penyampaian materinya.

Tepat tanggal 8 oktober 2018 kelas pun dimulai, dengan menggunakan grup WA, hari pertama sempat dagdigdug, masih gak ngerti gimana cara interaksinya, sampai akhirnya kak Jee luvina sang founder nulisyuk menyapa dan memberikan materi,

Hari pertama itu kami di tugaskan menulis apa saja yang di rasakan mulai udara, suara atau apapun yang kita rasakan di hati, tulis saja sebanyak 200 kata, tentang yang di rasakan. Apakah rasa lelah, rasa sakit dan sebagainya.

Beberapa saat kemudian grup wa jadi riuh karena kurang lebih 200 peserta, mengetik hampir bersamaan, dan dalam tempo beberapa menit, grup pun banjir chat, kalau hp gak kuat-kuat banget bisa hang.

Sebenarnya kalau nulis chat biasa gak seheboh ini, tapi karena diburu dengan waktu dan harus menuliskan kalimat dengan ide yang mendadak jadi agak gerogi juga nulis chatnya, bahkan ada beberapa peserta yang ketinggalan nulis karena waktu udah habis.

Seru dan tegang waktu itu, dan di akhir materi kak Jee memberi tantangan yang harus di posting di instagram dan buat yang beruntung akan dapet hadiah dari nulisyuk.


Hari-hari berikutnya persis sama yang di lakukan dengan materi yang berbeda, 4 kali materi selama sebulan. Dimulai dari tanggal 8,15,23 dan berakhir tanggal 29 oktober 2018. Diakhir kelas kami masih harus menunggu kembali sampai diumumkannya tema menulis yang akan di bukukan. Akhirnya tanggal 21 november 2018 sudah bisa menulis kisah dengan tema membahagiakan orangtua.

Tanggal 16 januari 2019 tibalah pengumuman nama-nama yang naskahnya di bukukan, seneng juga bisa jadi bagian dari buku keren ini, dan tanggal 28 januari 2019 buku sudah siap di cetak dengan cover yang siap di posting buat promo. denganm masa PO tanggal 30 januari sampai 10 februari 2019.

Dan sampai saat tulisan ini terposting buku belum ada di tangan saya karena katanya ada kendala teknis, mesin percetakan konslet dan pengiriman akan meleset dari jadwal. mudah-mudahan cepet sampe buku antologi ke 2 saya ini, biar saya peluk. he..he..he..

Sebetulnya kelas menulisnya dengan materi yang  umum menurut saya, tetapi karena kita di "paksa" menulis maka belajarnya jadi lebih seru, kalau boleh saya ambil kesimpulan, menulis itu memang harus sedikit dipaksa dan jangan di tunda-tunda.

Post a Comment

0 Comments