Menghibur Anak-Anak ke Perpustakaan Umum Cikini

Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta

Main ke Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta atau perpustakaan Cikini ini, sebetulnya enggak di rencanain. Sebab waktu itu pinginnya main ke planetarium tapi ndilalah antriannya ramai dan baru bisa dapet di jam kedua dan masih harus antri satu jam lagi. Dan artinya total hampir dua jam harus antri dari jam pertamanya.

Karena enggak mau ngantri lama lagi akhirnya di putusin buat keluar dari antrian dan pulang aja, kasian sama anak-anak kelamaan nunggu. Tapi sebelum pulang saya ngeliat perpustakaan di sebelah planetarium, daripada anak-anak gak ngeliat apa-apa saya coba ajak kesitu buat liat-liat dan sedikit menghibur. Pas banget kebetulan baru buka.

Jam Buka Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta:

Senin-Minggu (09.00-17.00)
 *Khusus hari jumat tutup sementara (11.30-13.00)
 *layanan perpustakaan Tutup pada hari libur nasional

Alamat: 
Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330

Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta
Pintu masuk perpustakaan yang otomatis membuka dan pas masuk mesti mengisi buku tamu di meja security. Tapi sebelum masuk yukkenali beberapa peraturan berikut.

Peraturan perpustakaan cikini

- Dimohon selalu menjaga kenyamanan dan ketertiban di Area perpustakaan
- Dilarang merokok di area persputakaan
- Dilarang tidur di Area perpustakaan
- Meletakkan kembali Buku/mainan di tempat yang telah di sediakan
- Khusus untuk ruang baca keluarga: koleksi buku/mainan edukasi tidak boleh dirusak & dibawa keluar ruanagn
* tas dan barang bawaan di simpan di loker kecuali dompet, hp dan barang berharga.

Ruangan Perpustakaan Cikini

1. Lantai dasar
   -Galeri
   -Ruang Sikulasi
   -Ruang pimpinan perpustakaan
   -pendaftaran angggota
2. Lantai Satu
   -perpustakaan umum
   -Perpustakaan penyandang disabilitas
   -perpustakaan digital
   -ruang aula
3. Lantai Dua
   -perpustakaan anak
   -ruang kerja pustakawan
4. Lantai Tiga
   -Ruang rujukan
   -Ruang karya cetak dan karya rekam
   -Kamus dan Ensiklopedia

Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta
di lantai dasar ada koleksi buku-buku lama bahkan naskah kuno.

Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta

Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta

Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta

Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta

Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta

Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta
Ada juga prakarya dari dedaunan yang di pamerkan.

Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta
Karena saya ngajak anak-anak jadi langsung ke lantai duanya yang emang khusus buat anak-anak. yang katanya akan ada pertunjukan dongeng dan belajar bahasa inggris pas jam 10.00.

Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta
Hore... dongengnya dimulai juga akhirnya. lumayanlah bisa menghibur anak saya yang udah bete ngantri di Planetarium, abis itu pada belajar bahasa inggis gratis... tis...

ke Planetariumnya next day aja ya?

Post a Comment

8 Comments

  1. Wahhh menarik nih, sayangnya jauh dari rumah hehehe, kalo ke perpus kadang saya suka lupa waktu baca buku sampe berjam jam lamanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggalnya bukan di jakarta ya mas? kalau saya lebih seneng baca di gramedia lama-lama. hehehe :)

      Delete
  2. Wah, seneng pasti kalo ke perpustakaan begini. Ya, bisa dibilang 'wisata edukatif' hehe :D

    ReplyDelete
  3. Keren mas perpustakaannya. Beda jauh sama yang di Bogor. Kesamaannya kalau lihat di foto sih, ya gitu deh.. sepi.. hahaha.. atau itu efek mau lebaran saja yah.

    Cuma nggak heran sih kalau memang benar sepi karena budaya membaca masih belum bagus di negara ini. Bagus juga mengajak anak kesana biar mereka bisa belajar membiasakan membaca.

    Selamat Lebaran. Minal Aidin wal Faidzin yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang sepi tempatnya... emang pada males kayaknya ke perpustakaan enakan ke mal.

      Mohon maaf lahir bathin juga. hehehe.

      Delete
  4. eh itu unik banget itu kertasnya udah jadulll, pengen lah suatu saat ke sana..

    ReplyDelete