Pantai Jayanti, Ombak Samudra Hindia Yang Menggila

Pantai Jayanti, Ombak Samudra Hindia Yang Serem

Awal agustus kemarin, di mana kemarau lagi manja-manjanya, udara panas dan kekeringan dimana-mana. Tapi pagi-pagi sekali kami sudah berada di pantai.

Sebetulnya sih tujuan utamanya bukan ke Pantai Jayanti, tapi kerumah nenek.😀  Kayak film Dora itu loh, "mau kemana kita? kehutan, melewati jembatan dan kerumah nenek, ceklik" hehehe.

Oh iya Alamat Pantai jayanti ada di Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43275.

Gampang kok kalau kesini, tinggal lewatin Cianjur Kota, dan terus lurus ke arah pantai selatan. Setahu saya sih jalannya cuma satu itu aja. Melewati gunung yang berkelok-kelok terus ke selatan.

baca juga : PANTAI SEREG, Potensi Tempat Wisata Yang Belum di Kembangkan Secara Maksimal

Kalau bingung mending pakai Google Maps sih. 😇

Perjalanan yang asik, berkelok-kelok menanjak dan menurun. Hingga membuat ponakan muntah berkali-kali. Jadi buat yang mabokan, jangan lupa sedian kantong plastik yang banyak.

Gerbang Masuk Pantai Jayanti


Pantai Jayanti, Ombak Samudra Hindia Yang Serem-pintu gerbang

Gambar agak ngeblur, di ambil saat pulang dengan kondisi kendaraan bergerak. Karena pas masuk masih agak gelap dan otak saya lagi zonk. Pantai ini di kelola oleh dinas kelautan, perikanan dan peternakan kabupaten cianjur.

Tiket masuk pantai jayanti

Rp 20.000 satu mobil. Kemarin saya naik avanza cuma bayar segitu. Padahal dalemnya full. Kalau di itung sama anak-anak lebih dari 8 orang.

Sunrise di Pantai Jayanti


Pantai Jayanti, Ombak Samudra Hindia Yang Serem - sunrise

Datang pagi-pagi sekali bikin kita bisa menikmati matahari terbit, emang enggak begitu kentara sih, karena awannya lagi gemes sama si matahari. Tapi cukup nikmat menikmati sunrise di pantai. Ombaknya juga masih begitu tenang.

Ombak Mulai Menggila.

Ketenangan ombak enggak berlangsung lama, perlahan tapi pasti deburannya makin kencang dan sedikit liar. Anak-anak pun mulai gemas pingin nyebur. Dan membasahi kakinya. Setelah di ijinkan mereka pun berlarian ke bibir pantai.

Pantai Jayanti, Ombak Samudra Hindia Yang Serem

Enggak harus nunggu lama buat ombak itu makin maju ke pantai. Cuma hitungan menit ombak itu berhasil menarik semua sandal, yang semula saya pikir aman saya letakkan.

Saya pun menggeser posisi sandal lebih jauh dari raihan ombak. Sekitar 3 meter. Namun beberapa menit kemudian, ombak -ombak itu berhasil mencaplok kembali sandal-sandal tersebut.

Pantai Jayanti, Ombak Samudra Hindia Yang Serem

Saya berlarian kembali menyelamatkan sandal yang sebagian hanyut. Memindahkannya lebih jauh lagi. Tapi ini seperti main kejar-kejaran, ombak pun berhasil meraih kembali mainannya.

Ponakan Tergulung Ombak

Dibawah ini detik-detik terakhir ombak makin besar yang hampir menyeret keponakan saya ketengah laut. Saya pun berlari ke arah mereka. namun yang saya selamatkan ya sandal-sandal tersebut.😁

Karena saya pikir mereka sudah aman sama Om dan tantenya. Ponakan pun menangis dan menjerit, tapi yang dewasa kok malah tertawa ya? 😓

Pantai Jayanti, Ombak Samudra Hindia Yang Serem

Stop Main Air

Karena ombak yang semakin tinggi, para orangtua pun melarang anak-anaknya buat berenang lagi. Dan ada peringatan dari nelayan sekitar juga, "Jangan berenang dulu, ombak sedang besar." Katanya dalam bahasa sunda. Akhirnya anak-anak langsung di stop, dan diajak buat basuh-basuh.

Untung ada kamar mandi umum di sini. Yah ... walaupun tempatnya ala kadarnya, dan agak bolong-bolong dikit. Tapi masih cukuplah buat menghilangkan pasir-pasir dan asin di badan.

Yang penting kan air tawar. Waktu itu biaya pipis masih Rp.2000 dan kalau mandi Rp.5000. Walapun yang punya gak tau kita kencing atau mandi. Tapi jujur itu lebih baik loh. 😀

Pantai Jayanti, Ombak Samudra Hindia Yang Serem

Kalau udah stop main air, saat ngapain ya? Yah... ngapain lagi kalau enggak makan.😄

baca juga : Kuliner Ikan Bakar di Pantai Jayanti

Di sini juga sedia ikan segar yang siap di pesan. Dan langsung dibakar. Kita tinggal nunggu aja sambil menikmati indahnya laut selatan.

Pantai Jayanti, Ombak Samudra Hindia Yang Serem

Di sini banyak bersandar perahu nelayan. Dan kayaknya karena cuaca kurang mendukung. Enggak semua nelayan bisa kelaut. Mesti nunggu ombak besar agak reda.

Walaupun ada beberapa nelayan yang saya liat sedang melaut. munkin di gilir juga kali. Karena kalau semua barengan ke laut malah boros di BBM dan hasilnya pasti sedikit.

Saat perahu nelayan akan bersandar, beberapa orang sibuk menolong. Meminggirkan perahunya beramai-ramai. Terlihat sekali saling kerjasama di antara mereka

Pantai Jayanti, Ombak Samudra Hindia Yang Serem

Ini gambar nelayan yang akan menghampiri dermaga, mereka semua memakai sepeda motor. Dengan berbagai jenis. kebanyakan hasil modifikasi. Mereka memodifikasi sok breker lebih tinggi, dan suara knalpot yang memekakkan.

Pantai Jayanti, Ombak Samudra Hindia Yang Serem

Nah kalau yang ini gambar petugas yang sedang eksyen, minta di fotokan sama nelayan.😂 "Siap Pak... satu... dua... ckrek."

Oke, satu foto tidak cukup berkali-kali bapak itu bergaya dengan latar belakang berbeda. Bapak ini sebetulnya mau tugas apa mau foto-foto sih.😄

Yuk, ke Pantai Jayanti.

Post a Comment

6 Comments

  1. Cool.. yang motretnya bagus kang dan penempatannya dalam tulisan pas jadi yang baca bisa ikut merasakan berada disana...

    Wiihh.. emang penulis beneran mah beda euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pan dulu yang ngajarin dan kasih masukan Pak Anton... :) hehehe.
      Dan semenjak itu saya betul-betul merhatiin komposisi foto saya. Kalau kurang bagus akan saya ulang.
      Sebab kalau bagus saya juga puas.

      Alhamdulillah ada yang doa'in saya.. jadi penulis beneran

      Delete
  2. Hmm.. ombaknya wild juga ya. Mayan lah buat selancar. Bagus nih kalo dikembangkan jadi tempat wisata turis asing yg suka selancar. Dirapihin dikit. Bisa mendatangan pundi2 rupiah. Jadi gak melulu ke Bali bali bali bali....

    -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ombak liar tapi pantai sedikit ada karang, kurang cocok buat selancar

      Delete
  3. pasirnya berwarna hitam? wahhhh mesti cantik kan? teringat saya pantai cherating di Pahang. juga pasirnya berwarna hitam dan halus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cantik lah... debur ombak datang kian kemari.. :)

      Delete