Wisata Edukasi ke Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman Buaya Indonesia Jaya

Pada suatu malam. "Ayah, kesini yuk," pinta isteri sambil menunjukkan sebuah lokasi.

"Kemana itu?" tanya saya

"Taman Buaya Indonesia," jawabnya lagi.

"Mau liat apa?"  tanyaku

"Buaya Lahh, masa liat janda,"  

Huahahahaha....

Taman Buaya Indonesia jaya berlokasi di Cibarusah, atau ada yang menyebutnya juga taman buaya Cibarusah. Beralamat: Jl. Raya Cikarang - Cibarusah No.18, Sukaragam, Kec. Serang Baru, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17330. 

Ini bisa menjadi destinasi tempat wisata di bekasi tapi ini bukan kebun binatang cikarang, karena isinya ini khusus buaya.

Di sini anak-anak bisa teredukasi dengan melihat buaya secara jelas dan melihat perilaku buaya secara langsung. Ini sama sekali berbeda sama yang di taman marga satwa ragunan,

 

Sejarah Taman Buaya Indonesia Jaya

Ini adalah taman buaya di Bekasi yang sudah ada  pada  1991 yang didirikan oleh bapak Lukman Arifin. Dulu ada penangkaran buaya di jakarta tapi sudah tutup. Taman Buaya Indonesia saat ini sudah diurus generasi ketiga

Menurut informasi di sini dulu juga ada penangkaran buaya tapi sekarang sudah di pindah ke Tangerang untuk penangkaran.

Taman-Buaya-Indonesia-Jaya

Tiket Masuk Taman Buaya Cibarusah

Rp. 20.000,-  untuk semua umur
Parkir mobil Rp. 5000,-


Taman-Buaya-Indonesia-Jaya
Taman-Buaya-Indonesia-Jaya-tiket-masuk

Berjalan sebentar mengelilinginya, tampak ada hal yang mencolok, sepinya pengunjung membuat tempat ini seperti hanya kebon kosong.

Beberapa lokasi seperti minim perawatan dan dibiarkan apa adanya. Ada beberapa lokasi bermain dan saung-saung kosong dengan rumput agak tinggi.

Wajar aja, sepinya pengunjung membuat pemasukan pasti sedikit, jangankan buat perawatan lokasi, untuk makan buaya aja pasti butuh biaya yang lumayan..

Tapi sebetulnya tempat ini asik buat wisata edukasi, dimana kita bisa melihat buaya secara langsung dan dari spot terdekat.

Kita juga bisa lihat buaya itu berkelahi dan mengeluarkan suara-suara seperti monster. Seolah berpetualang ke alam liar.

Taman-Buaya-Indonesia-Jaya

kandang di bagi menjadi beberapa bagian sesuai umur dan jenis sih kayaknya. Yang sebetulnya isinya mulai berkurang karena sudah banyak yang mati. 

Sempet saya tanya petugas loketnya, dahulu ada ada sekitar 500 ekor, kini  hanya tersisa 300 ekor karena mati. Beberapa karena menelan botol air mineral yang di lempar pengunjung.

Kasian juga ya di kira lempar makanan mungkin langsung di telan aja.

Taman-Buaya-Indonesia-Jaya

Taman-Buaya-Indonesia-Jaya

Musholla juga masih berdiri di taman buaya ini, walapun agak minim perawatan.

Taman-Buaya-Indonesia-Jaya

Buaya Putih dan Buaya Buntung keramat

Saya agak penasaran sama buaya putih ini, kalau saya liat sih bukan putih polos tapi albino, dan yang bikin penasaran lagi di sebelahnya ada buaya buntung.

Katanya sih keramat buayanya, siapa yang punya nazar atau keinginan dapat memberikan ayam atau bebek dan lain-lain. usianya kalau engak salah sekitar 85 tahun seingat saya waktu saya tanya petugasnya (CMIIW)


Taman-Buaya-Indonesia-Jaya

Atraksi Buaya

Sayang sekali pertunjukan atraksi enggak lagi dilakukan tiap minggu, cuma hari-hari besar aja. khusunya pas lebaran kemaren.

Emang sih, waktu saya kesini juga yang masuk cuma ada tiga keluarga termasuk saya. Jadi mana mungkin dilakukan pertunjukan yang nonton cuma sekitar 11 orang aja.

Taman-Buaya-Indonesia-Jaya

Spot Bermain

Ada beberapa spot bermain seperti ayunan, jungkat-jungkit dan juga saung-saung yang mulai lapuk dimakan usia.

Taman-Buaya-Indonesia-Jaya

Taman Buaya Cibarusah ini bisa menjadi alternatif liburan, selain tempatnya sejuk dan enak buat bersantai juga tiketnya murah meriah.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter