Kebun Raya Bogor Ada Apa Saja, Ya?🌳

Di Kebun Raya Bogor ada apa saja, sih? yuk, cekidot.

Kebun Raya Bogor ada apa saja - Lokasi ini merupakan tempat destinasi wisata  asik untuk di kunjungi, dengan luas mencapai 87 hektar dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. selain sejuk Kebun Botani Bogor ini juga memiliki beberapa taman yang menarik.

Pemerintah kolonial Inggris mendirikan Kebun Raya Bogor pada masa Thomas Stamford Raffles.
Kebun Botani Bogor adalah salah satu bukti pengaruh kekuasaan Inggris ketika menguasai Indonesia. Pada awal 1800 an, Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles  menempati Istana Bogor dan  membuat sebuah botani di sekitar halaman Istana Bogor.

Berikut ini saya cantumkan spot-spot menarik tersebut.

Kebun Raya Bogor Spot Menarik



    Taman Teijsmann

    Taman Teijsmann
    Source: https://lovelybogor.com

    Taman Teijsmann dibentuk pada tahun 1884 oleh Dokter. Melchior Treub selaku wujud penghargaan kepada Johannes Elias Teijsmann atas jasa- jasanya terhadap pertumbuhan Kebun Raya Bogor. Pada jaman Belanda, taman ini dibuat sebagai halaman mawar bergaya Perancis dengan mengikuti pola Taman di Eropa yang ditata secara simetris. 
     
    Di pusat halaman ini, berdiri tegak suatu tugu peringatan untuk Teijsmann, dibuat dari batu granit yang khusus dihadirkan dari Berlin, Jerman. Letak halaman ini terletak di dekat Halaman Bambu serta Makam Kuno Belanda. Dari Halaman ini wisatawan bisa memandang istana Bogor dari jarak dekat. 

    Taman Soedjana Kassan

     
    taman-lebak-soedjana-kassan
    Source: https://lovelybogor.com

    Taman Sudjana Kassan ialah salah satu halaman non koleksi di Kebun Raya Bogor yang mempunyai kekhasan tertentu. Halaman ini dibentuk pada 18 Mei 1985 selaku penghargaan terhadap Sudjana Kassan, salah seseorang kurator di Kebun Raya Bogor pada tahun 1949- 1959 dan setelah itu jadi orang Indonesia awal yang berprofesi selaku Direktur Kebun Raya Bogor( 1959- 1969). 
     
    Taman ini dihiasi ornamen halaman yang ditata dalam satu relief besar berupa replika Burung Garuda Pancasila lambang Negeri Republik Indonesia, membawa pita Bhineka Tunggal Ika di tengah halaman dibuat  dari warna-warni campuran bermacam tipe tanaman menutupi tanah, menjadikan warga lebih mengenalnya sebagai Halaman Bhineka.
     
    Bagian atas halaman ada bangku halaman di dasar pergola, dihiasi dengan liana bunga Api dari Irian( Mucuna novoguineensis). kalau dilihat sejajar mata, mungkin tidak terdapat yang aneh dari penyusunan bentang taman ini, untuk memastikannya, cobalah Kamu melihat ke sudut lebih luas, Kamu akan melihat, tanaman- tanaman yang ditata dalam satu kelompok berupa burung Garuda. Wujudnya nampak sangat jelas, mulai dari kedua sayap, kepala, sampai kakinya. 
     
    Taman ini mempunyai panorama alam indah dengan lanskap hamparan rumput yang luas dilengkapi dengan kolam air mancur bergaya klasik serta jembatan yang dibawahnya ada aliran air yang mengalir ke Sungai Ciliwung. Tidak hanya itu, taman di kebun raya bogor ini juga dilengkapi dengan gazebo untuk rehat bagi wisatawan , yang dinaungi tumbuhan besar.  Juga mushola berupa panggung dibuat dari kayu.
     

    Taman Orchidarium

    taman-Orchidarium
    source : https://kebunraya.id
     
    Orchidarium ialah suatu halaman koleksi yang terbuat menyamai habitat asli dimana tumbuhan anggrek hidup. Hal ini nampak dari zona depan zona orchidarium yang terlihat rindang banyak pepohonan sehingga lokasi ini tidak banyak terpapar cahaya matahari.
     
    Halaman ini ialah zona konservasi dari tumbuhan anggrek alam dan berperan juga sebagai area riset serta pengembangan anggrek. Orchidarium berbeda dengan Griya Anggrek yang fungsinya merupakan zona display bermacam angrek alam serta hybrid  di kebun raya bogor.

    Taman Obat

    Taman-Obat-kebun-raya-bogor
    source : https://kebunraya.id

     
    Pemanfaatan obat- obatan tradisional tidak bisa dipisahkan dari area warga Indonesia. Oleh karena itu, selaku zona konservasi, Kebun Raya Bogor mempunyai halaman koleksi Obat yang terdiri dari bermacam berbagai tipe tumbuhan. 
     
    Hingga disaat ini tumbuhan obat di dikonservasi di 2 zona XXIV. A serta XXIV B. Koleksi tanaman obat di XXIV. A berjumlah 175 tipe yang terdiri dari 55 suku serta 144 marga. Sebaliknya koleksi tanaman obat di vak XXIV. B. sebanyak 228 tipe, terdiri dari 65 suku serta 172 marga. Wisatawan dapat mengenali tipe serta guna dari tiap-tiap tumbuhan tersebut dengan membaca papan data yang terdapat di sebagian koleksi tumbuhan obat. 

    Taman Nepenthes

    Taman-nepenthes-kebun-raya-bogor
    source : https://kebunraya.id

     
    Halaman Nepenthes ialah halaman konservasi binaan Pertamina yang terletak di daerah Kebun Raya Bogor. Pertamina sudah melaksanakan konservasi sebagian tipe tumbuhan Nepenthes di daerah ini, antara lain: Nepenthes mirabilis, Nepenthes reinwardtiana, Nepenthes ampullaria, Nepenthes gracilis, Nepenthes xhookeriana, Nepenthes sumatrana, serta Nepenthes rafflesiana. 
     
    Pertamina memiliki komitmen buat terus melaksanakan konservasi tumbuhan dalam rangka menunjang pemerintah di dalam pencapaian Sasaran 15 Tujuan Pembangunan Berkepanjangan melindungi serta melestarikan keanekaragaman biologi. Di Indonesia, Nepenthes diketahui dengan nama“ Kantong Semar”. 
     
    Tercantum tanaman karnivora yang menciptakan kantong buat menjebak serta menangkap mangsa berbentuk serangga ataupun fauna kecil yang lain buat memperoleh nutrisi. Nepenthes bisa ditemui di Pulau Kalimantan, Sumatera, Jawa, Sulawesi, Maluku, serta Papua. Kantong semar biasa hidup di wilayah yang terbuka, lembab serta miskin hara. Nepenthes tercantum salah satu tanaman yang terancam kepunahannya akibat terdapatnya alih guna lahan serta hutan selaku habitat alaminya. 

    Taman Meksiko

    Taman-Meksiko
    Source: https://lovelybogor.com

    Taman Meksiko merupakan taman koleksi tanaman kaktus yang terdapat di Kebun Raya Bogor. Taman ini berisikan kumpulan spesies tumbuhan iklim kering yang jumlahnya lebih dari 100 spesies, seperti: agave, yucca, kaktus dan tumbuhan sukulen lain. 
     
    Dimana sebagian besar koleksi taman ini didatangkan dri Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Taman ini terlihat indah dengan berbagai macam jenis tanaman kaktus yang memang banyak digunakan sebagai tanaman hias. Hal ini dikarenakan tanaman kaktus memiliki bentuk yang indah akibat dari penyesuaian diri mereka terhadap lingkungan aslinya.

    Taman Bambu

     
    Taman-Bambu-kebun-raya-bogor
    Source: https://lovelybogor.com

    Taman Bambu adalah taman koleksi yang berisikan berbagai macam jenis tanaman bamboo di kebun raya bogor. Salah satunya yang hidup taman ini adalah tanaman bambu Dendrocalamus gigantius Munro dan Dendrocalamus asper (schult). 
     
    Letak Taman Bambu Kebun Raya Bogor berdekatan dengan Makam Kuno Belanda dan Taman Teijsmann.
     
    Dendrocalamus gigantius Munro merupakan famili tanaman bamboo raksasa yang tersebar dikawasan Asia Timur hingga Asia Tenggara. Sementara Dendrocalamus asper (schult) sendiri, merupkan tanaman bamboo yang berasal dari Pulau Jawa. 
     
    Bambu Dendrocalamus asper (schult) lebih dikenal sebagai “Bambo Betung” atau “Bambu Raksasa”. Bambu Betung ini biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu material konstruksi bangunan. 

    Taman Astrid

     
    Taman-Astrid-di-Kala-Hujan
    Source: https://lovelybogor.com

    Jalan Astrid adalah Salah satu tempat bersejarah dan menarik di Kebun Raya Bogor, jalan ini di bangun pada tahun 1929 dalam rangka menyambut kedatangan Ratu Astrid asal Belgia yang berkunjung ke Kebun Botani Bogor. Dinamakan Jalan Astrid karena di sepanjang jalan tersebut ditanami pohon astrid, dengan warna bunga merah dan kuning seperti warna bendera negara Belgia.


    Taman Araceae


    Taman-Araceae-kebun-raya-bogor
    source : https://kebunraya.id

    Pembangunan Taman Araceae di kebun raya bogor, bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat kalau salah satu kekayaan flora Indonesia dari suku Araceae( talas- talas) memiliki kemampuan yang besar baik dari sudut pandang ilmiah ataupun dari sudut pandang ekonomi.

    Tidak hanya menonjolkan aspek estetika, Taman tematik Araceae ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat bimbingan untuk pelajar ataupun wisatawan lainnya. Pembangunan halaman tematik Araceae ini di mulai pada tahun 2010 dan dicoba secara bertahap.

    Hasil perbanyakan tumbuhan Araceae paling utama dari tipe Alocasia, Aglaonema serta Schismatoglottis sudah dicoba. Dekat 10 tumbuhan dengan besar lebih dari 2 meter sudah di tanam pada kawasan halaman ini.

    Tidak hanya berperan selaku pelindung dari terpaan panas matahari secara langsung, tumbuhan ini pula nantinya berperan selaku tempat rambatan untuk jenis- jenis Araceae yang merambat


    Taman Anggrek Hitam


    Taman-anggrek-hitam-kebun-raya-bogor
    source : https://kebunraya.id

    Taman Anggrek Hitam ialah halaman konservasi binaan Pertamina dan letaknya di daerah Kebun Raya Bogor. Pertamina sudah melaksanakan konservasi sebagian tipe tumbuhan Anggrek Hitam di daerah ini, antara lain: Coelogyne pandurata, Grammatophyllum speciosum, Grammatophyllym stapeliiflorum, serta Grammatophyllum scriptum.

    Pertamina memiliki komitmen buat terus melaksanakan konservasi tumbuhan dalam rangka menunjang pemerintah di dalam pencapaian Sasaran 15 Tujuan Pembangunan Berkepanjangan melindungi serta melestarikan keanekaragaman biologi.

    Secara universal, anggrek kerap dimanfaatkan selaku tumbuhan hias ataupun bunga potong. Bertitik tolak dari khasiat tersebut hingga anggrek alam kerap jadi bahan utama persilangan buat memperoleh jenis- jenis hybrid yang komersial.


    Taman Akuatik


    Taman-Akuatik-kebun-raya-bogor
    source : https://kebunraya.id

    Taman Akuatik merupakan halaman koleksi Kebun Raya Bogor, berisi bermacam- macam tumbuhan berhabitat di air, misalnya tanaman air tergenang, tanaman air mengapung, tanaman air terendam sempurna, tanaman air kombinasi serta tanaman tepi air.

    Area kolam bukan berarti lokasi yang tidak aman, becek serta kotor. Di halaman akuatik wisatawan dapat melihat panorama alam kolam yang bersih, tertata apik, sejuk serta indah. Tidak hanya itu dengan terdapatnya tumbuhan besar di tengah- tengah halaman, wisatawan bisa menikmati kerindangan tumbuhan tersebut. 


    Pemakaman Kuno Belanda

     
    Kompleks-Makam-Belanda-Kuno-di-Kebun-Raya-Bogor
    Source: https://lovelybogor.com

    Salah satu lokasi bersejarah di Kebun Raya Bogor adalah Komplek Pemakaman Belanda Kuno. Komplek pemakaman ini adalah makam para tokoh yang mengabdikan hidupnya untuk Kebun Raya Bogor. 
     
    Pada area pemakaman terdapat 42 makam, 38 diantaranya memiliki identitas, sedangkan sisanya tak di kenal, diantaranya : makam D.J. de ee Erens, beliau adalah seorang gubernur jendral yang menjabat tahun 1836 - 1840.
     
    Komplek pemakaman ini telah ada di Kebun Raya Bogor jauh sebelum Caspar Georg Karl Reinwardt pendiri sekaligus pemimpin pertama Kebun Raya Bogor pada tahun 1817 meresmikan pembukaan Kebun Raya Bogor. 
     
    Mr. Ary Prins merupakan seorang ahli hukum yang pernah dua kali menjadi pejabat sementara sebagai gubernur jendral Hindia Belanda, selain itu ada juga dua orang ahli Biologi dan wafat pada sekitar tahun 1820-an dalam usia muda, namun keduanya dikuburkan dalam satu makam, Mereka adalah Heinrich Kuhl dan J.C. Van Hasselt, yaitu sebagai anggota “The Netherlands Commissions for Natural Sciences” yang dikirim ke Indonesia untuk bekerja di Kebun Raya Bogor. 
     
    Makam seorang administrator toko obat berkebangsaan Belanda yang bernama Cornelis Potmans telah wafat pada tanggal 2 Mei 1784, merupakan makam paling tua di komplek pemakaman ini . Sedangkan makam terbaru adalah makam Prof. Dr. A.J.G.H. Kostermans yang meninggal pada tahun 1994. Beliau merupakan seorang ahli Botani terkenal berkebangsaan Belanda dan telah menjadi warga Negara Indonesia sejak tahun 1958.
     

    Museum Zoologi

    museum-zoologi-kebun-raya-bogor

     
    Museum ini didirikan pada tahun 1894 yang digagasi oleh J. C. Koningsberger seorang ahli Botani berkebangsaan Jerman yang juga menjadi salah satu tokoh perintis dan pengembang Kebun Raya Bogor pada masanya. 
     
    Di dalamnya terdapat beberapa kerangka dan jenis binatang yang diawetkan, diantaranya : burung, kepiting, serangga, ikan, dan lain sebagainya, Salah satunya adalah hewan mamalia terbesar di dunia yaitu Paus biru.
     
    J. C. Koningsberger mengumpulkan beberapa koleksi museum sebagian besar berasal dari negara Indonesia, dan sisanya berasal dari beberapa negara di dunia, salahsatunya yaitu jenis kepiting berukuran besar asalnya dari negara Jepang. 
     
    Agar bisa sampai ke museum zoologi, pengunjung dapat menggunakan jalan yang berada di antara gedung Treub laboratorium dan guest house Nusa indah, karena posisinya berada di belakang area kedua gedung tersebut.
     

    Monumen Tugu Dua Abad


    TUGU-DAN-PRASASTI-2-ABAD-KEBUN-RAYA-BOGOR-TUGU-RAFLESIA-ARNOLDI
    Source: https://lovelybogor.com

    Tugu Dua Abad Kebun Raya Bogor dibuat untuk memperingati Dua Abad Kebun Raya Bogor. Tugu ini diresmikan pada tahun 2017 bertepatan dengan hari jadi ke-200 kebun botani pertama di Asia Tenggara. 
     
    Tugu ini berbentuk bulatan keemasan pada bagian atas, simbol tersebut di buat dari salah satu Puspa Langka Nasional Indonesia, yaitu Rafflesia Arnoldi.  Simbol tersebut digunakan karena Kebun Raya Bogor berhasil mengembangkan bunga langka dari Jenis Rafflesia yaitu Rafflesia patma (Padma raksasa) di luar habitatnya. 
     
    Flora yang sangat sulit ditanam di luar habitat aslinya ini dipilih untuk memperlihatkan kepada dunia keberhasilan dari pengelola Kebun Botani Bogor  bahwa bunga ini dapat tumbuh di luar habitat aslinya serta berhasil di kembangbiakkan.
     
    Tugu 2 abad tersebut terletak bersebelahan dengan area Jalan Astrid, yaitu tumbuhan bunga tasbih (Canna sp.) dan teratai raksasa (Victoria amazonica). 
     
    Tinggi tugu ini kurang lebih 7 m dan memiliki lebar 1,25 m. Tugu dan Prasasti Dua Abad Kebun Raya Bogor ini memiliki dua bagian, yaitu tugu dan prasasti (batu bertulis). 
     
    Tugu ini diresmikan oleh Megawati Soekarno Poetri, Presiden Republik Indonesia ke-5 pada waktu itu, sekaligus selaku Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) pada hari ulang tahun KRB ke-200 tanggal 18 Mei 2017. 
     
     
    Sedangkan Prasasti Dua Abad Kebun Raya Bogor ditandatangani oleh Presiden Indonesia ke-7 yaitu Ir. Joko Widodo atau Pak Jokowi pada tanggal 11 Maret 2018. Peresmian ini juga dilakukan bersamaan dengan berbagai rangkaian kegiatan peringatan HUT KRB, seperti Pameran Perkebunrayaan hingga Lomba Fotografi.
     

    Monumen Reinwardt

    Monumen-Reinwardt.jpg
    source : https://kebunraya.id

     
    Kebun Botani Bogor diresmikan oleh Gubernur Jenderal Godert Alexander Gerard Philip Van Der Capellen, dan dipimpin oleh Prof. Caspar Georg Karl Reinwardt. 
     
    Tugu ini diresmikan pada tanggal 16 Mei 2006 di area kolam gunting tepatnya di belakang pelataran Istana Bogor oleh kedutaan besar Jerman di Indonesia dan dihadiri juga oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
     
    Reinwardt merupakan ilmuwan botani dan kimia berkebangsaan Jerman yang berpindah ke Belanda, yang kemudian diangkat menjadi Menteri Bidang Pertanian, Seni, dan Ilmu Pengetahuan di daerah Jawa dan sekitarnya. 
     
    Untuk mengenang dan sekaligus sebagai bentuk penghargaan terhadap dirinya karena telah merintis Kebun Raya Bogor pada masa jayanya. Maka tugu Reinwardt pun dibuat.

    Monumen Lady Raffles


    Monumen-Lady-Raffles
    source : https://kebunraya.id

    Bangunan tugu ini mempunyai denah lingkaran menyerupai sebuah gazebo atau bangunan terbuka dengan delapan buah pilar yang mengelilinginya. Tugu Lady Raffles terletak tidak jauh dari pintu utara Kebun Raya Bogor.  Di bagian tengah terdapat tugu berbentuk persegi dengan ornamen berbentuk cawan di atasnya.
     
    Lady Raffles atau Olivia Mariamne merupakan istri dari Sir Thomas Stamford Raffles, Letnan Gubernur Inggris di Pulau Jawa (1811 – 1816). Terdapat kata-kata puitis dalam bahasa Inggris klasik pada tugu tersebut, yang merupakan hasil karya Olivia Madamne sendiri. Olivia Mariamne juga memperkenalkan reformasi sosial kepada masyarakat Jawa saat Raffles menjabat di Hindia Belanda.
     
    Untuk mengenang istrinya yang meninggal pada tanggal 20 November 1814 di Bogor, di usia 43 tahun dikarenakan menderita penyakit malaria, maka dibangunlah Tugu Lady Raffles  oleh Sir Thomas Stamford Raffles. 

    Monumen J.J. Smith


    Monumen-JJ-Smith
    source : https://kebunraya.id

    Letak Tugu J.J. Smith berada 50 m dari pintu masuk utama Kebun Raya Bogor, berdekatan dengan kolam gunting.

    Tugu J.J. Smith atau Johannes Jacobus Smith merupakan tugu peringatan yang dibangun untuk mengenang jasa tokoh J.J. Smith. Beliau adalah ahli botani berkebangsaan Belanda kelahiran Antwerp tahun 1867.
     
    J.J. Smith mengumpulkan dan melakukan penelitian  berbagai macam flora dari seluruh Indonesia, khususnya tanaman anggrek. Beliau berhasil mendeskripsikan dan menyusun kategori terutama tanaman yang berasal dari Papua
     
    Ternyata, selain sebagai Tugu Peringatan yang sangat bersejarah,  disekitar tugu ini juga banyak tumbuh tanaman pakis-pakisan. Wisatawan dapat menikmati keindahan tanaman pakis yang tumbuh dengan baik diarea ini.

    Kolam Gunting

    kebun-raya-bogor-Kolam-Gunting
    Source: https://lovelybogor.com

    Kolam ini berfungsi sebagai area ekosistem tanaman air dengan berbagai jenis populasi ikan air tawar di dalamnya, yang dibuat sekitar tahun 1868.  Selain itu letak kolam yang berada ditengah-tengah antara wilayah Kebun Botani Bogor dengan Istana Kepresidenan, menjadikan kolam gunting sebagai pembatas area manajemen diantara keduanya.
     
    Pengunjung kebun raya bogor, dapat melihat halaman belakang Istana Kepresidenan dari area ini, Selain itu pengunjung yang datang juga bisa menikmati pemandangan pulau kecil ditengahnya yang kerap dikunjungi banyak burung.

    Griya Anggrek


    taman-anggrek-kebun-raya-bogor.
    Source: https://lovelybogor.com

    Di kebun raya bogor, Griya Anggrek adalah tempat display anggrek-anggrek species dan anggrek hybrid yang sedang berbunga.

    Unit ini juga menyediakan penjualan tanaman bibit anggrek species botolan dan tanaman non anggrek ( Nepenthes dan Alocasia ) yang merupakan hasil perbanyakan dari laboratorium kultur jaringan. Agar meningkatkan kesadaran dan apresiasi masyarakat terhadap anggrek alam.

    Ecodome


    Ecodome-kebun-raya-bogor
    source : https://kebunraya.id

    Ecodome adalah bangunan artistik yang menjadi tempat tanaman-tanaman ditata sedemikian rupa. Ecodome bakal dimanfaatkan sebagai wahana edukasi lingkungan bagi pengunjung. Gedung ini memiliki pintu iklim sehat yang bisa membersihkan 10.000 meter/kubik udara kotor per jam, yang melalui sebuah saringan udara tertentu.
     
    Desain bagian luar Ecodome ini dilapisi oleh lumut yang bisa menjaga air hujan serta menyerap bakteri dari udara. Gedung ini kaya akan tanaman dan bunga tropis. Terdapat sebuah konstruksi besar setinggi 10 meter berwarna oranye dan sejumlah bangku untuk duduk yang disediakan bagi pengunjung Di bidang tengah-tengah dome (kubah).

    Kebun Raya Bogor Tiket Masuk Harga 2022

    Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

    Tiket Masuk Domestik & Mancanegara Weekday    Rp. 16.500
    Tiket Masuk Domestik & Mancanegara Weekend & Hari Libur    Rp. 26.500
    Tiket Masuk Sepeda Weekday    Rp. 15.000
    Tiket Masuk Sepeda Weekend    Rp. 20.000

     

    Itulah beberapa spot menarik di kebun Raya Bogor, jadi tau ya, Kebun Raya Bogor ada apa saja. explore sendiri Yuk.



    Sumber : https://kebunraya.id

    Related Posts

    Posting Komentar

    Subscribe Our Newsletter