Cara Mendapatkan Ide Menulis

Cara Mendapatkan Ide Menulis

Cara Mendapatkan Ide menulis – Sampai saat ini mungkin masih banyak orang yang kesulitan untuk mencari ide. Banyak yang tanya “Bagaimana Cara Mendapatkan Ide dan dari mana datangnya?” dari permasalahan di atas enaknya sih, kita terlebih dahulu mengetahui definisi dari ide itu sendiri. 

Cara Mendapatkan Ide Menulis


Apa itu ide? Ide merupakan gagasan yang timbul sebagai hasil dari proses berpikir kreatif. 

Artinya, sebuah ide hanya bisa muncul saat kita keluar dari rutinitas berpikir yang itu-itu saja. Istilah kerennya adalah thinking out of the box.

Jawabannya mudah yaitu Ide bisa datang dari mana saja, kapan saja, dan di mana saja. Ya, ide tak kenal kompromi. Bisa datang bahkan pada saat yang paling tidak kita duga sama sekali. Karena itu, begitu ide datang, harus segera ditangkap. 

Berpikir kreatif dimulai dengan sikap kita yang rajin mengamati keadaan sekeliling. Kamu bisa mengamati perilaku seseorang, mengamati keadan di sekitarmu, da obrolan-obrolan merereka di sekelilingmu. Kamu juga bisa membiasakan diri membaca buku atau melihat film yang inspiratif. Seringkali dari sana timbul ide untuk melakukan sesuatu yang berbeda.

Kalau kita perhatikan, ada beberapa orang yang sepertinya tidak pernah kehabisan ide. Sementara orang-orang lain terlihat kesulitan untuk mendapatkan ide. Tidak ada orang yang tahu darimana datangnya sebuah ide. Yang sering kita alami justru ide seperti datang sendiri dari langit saat otak kita sedang rileks dan berhenti berpikir.Apa penyebabnya?

Ide itu harus dicari.

Ide bisa muncul secara tiba-tiba, kadang ide keluar ketika sedang di kamar mandi, lagi asyik bicara, sedang mengendarai motor atau mobil, saat bekerja, atau kapan saja. Begitulah. Ide itu bak binatang liar. Maka, tugas pertamamu—jika bermimpi jadi pengarang—adalah menangkap, menjinakkan, dan mengandangkannya dengan mencatatnya.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan ide ?

Kita mulai sekarang mencari asal-muasal ide. Ada Cara Mendapatkan Ide yang harus Kamu siapkan dalam ide:

  1. Membaca buku. Dengan banyak membaca akan timbul ide-ide baru.
  2. Berjalan-jalan. Dari bekal ini, Kamu akan memperoleh hasil banyak melihat.
  3. Banyak bergaul. Melalui pergaulan yang positif, Kamu akan banyak mendengar hal-hal yang positif pula dan yang akan menjadi sumber ide baik.

Sederhana, bukan? Memang begitulah adanya.

Tak perlu ribet mengerutkan kening hanya untuk menjaring ide. Segera lakukan. Keluar dari kamar, berjalan di seputar kompleks, amati apa dan siapa saja, rekam dalam memorimu, lalu kembali ke kamar dan catat.

Kamu juga bisa meniru gaya Putu Wijaya dalam menjaring ide. Nongkrong di depan televisi, lalu memutar channel berita. Maka lahirlah serentet ide yang—ketika dikemas dengan apik—dapat menjadi cerita yang dahsyat dan penuh pukau. 

Hal berbeda dilakukan oleh Bambang Trim, seorang penulis ternama, yang mengail ide dari pelbagai katalog buku yang kerap didaras banyak penerbit. Dari judul-judul buku yang terbaca olehnya, mencuat rupa-rupa ide. 

Ada lagi teman saya yang menjaring ide di tengah keramaian, Bamby Cahyadi. Ia memilih duduk di tengah riuh mal, lalu melamun liar—memainkan imajinasi—dan membayangkan cerita demi cerita.

Bagaimana dengan Cara Mendapatkan Ide Anda?

Yang kamu butuhkan adalah menemukan, menjinakkan, dan membiakkan ide itu. Dan Saya percaya, setiap kita dilahirkan dengan sangat kreatif, yang Kamu lakukan hanya menggali ide-ide cemerlang Kamu melalui 3 hal diatas (berjalan-jalan, membaca buku dan dari pergaulan yang positif). Selamat mecoba dan Kamu PASTI BISA!

Related Posts

2 komentar

  1. Cara saya sih.. ya kurang lebih sama. Kadang membaca blog kawan-kawan juga menghadirkan kepada saya setumpuk ide untuk bahan tulisan.. Masalahnya buat saya bukan ide, tapi waktu dan tenaga.. hahaha kebanyakan ide, terlalu sedikit waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sih Pak...ide mah, udah numpuk di kepala. tapi gak kunjung di eksekusi. sibuk..lelah dan habis tenaga.. ha..ha..

      Hapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter